PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA DAN WARGA SEKOLAH SISWA KELAS III SDN 105 PINRANG

Abdul Hakim(1*), Hasnah Hasnah(2), Andi Anugrah Apriyana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.47454

Abstract


The problem in this study is the low learning outcomes  of class III students. This study aims to determine the application of cooperative learning model types make a match to improve the learning process about rights and obligations as family members and school members of class III students at SDN 105 Pinrang, and to find out that the application of the type cooperative learning model make a match can improve achievement about rights and obligations as family members and citizens of class III students at SDN 105 Pinrang. The approach used is a qualitative approach and the type of research used is classroom action research. The subjects of this study were class III students for the 2022/2023 school year, with a total of 30 students, consisting of 15 boys and 15 girls at SDN 105 Pinrang. Data collection techniques used in this study are observation, testing and documentation. The data analysis technique used is data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The research was carried out in two cycles. In cycle I, the results of research on the learning process were in sufficient qualification, with learning outcomes also in sufficient qualification. Whereas in cycle II the results of this study in the learning process were in good qualifications with learning outcomes also in good qualifications

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan proses belajar tentang hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah  siswa kelas III SDN 105 Pinrang, dan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar tentang hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah  siswa kelas III SDN 105 Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan di SDN 105 Pinrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup dengan hasil belajar juga berada pada kualifikasi cukup. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian ini pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik dengan hasil belajar juga pada kualifikasi baik.


Keywords


Make A Match; Process; Learning Outcomes; Buat Pasangan; Proses; Hasil Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Bertho, A. (2019). Hak dan Kewajiban Tenaga Kerja Dalam Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing Di tinjau dari Hukum Ekonomi Syariah. UIN Raden Fatah Palembang.

Dhita Aviana Wibowo, L. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Miftahul Ulum Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar.

Fadilah, V. N., Muchtar, I., & Fitriyah, C. Z. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Pkn Tema Harga Diri di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember.

Filah, N. (2020). Hak dan kewajiban warga negara.

Hakim, A., Yulia, Y., & Rahmadani, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keberagaman Suku Dan Budaya Di Indonesia Siswa SD Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 431–437.

Hasnah, H., Fajar, F., & Syafruddin, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 57 Parepare. Publikasi Pendidikan, 7(2), 114–118.

Huda, m. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nisan, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV MI PSM Sukowiyono Karangrejo Tulungagung.

Nurjannah, N., Fajar, F., & Mahfudz, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Interaksi Manusia Kelas V UPTD SD Negeri 36 Parepare. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2), 109–114.

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1–14.

Riyanti, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).

Tarigan, S. R. B. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 050600 Kuala Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 290–311.

Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59.

Yulianto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung.


Article Metrics

Abstract view : 177 times | DOWNLOAD PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: