PENDIDIKAN ZAMAN ORDE BARU: UPAYA MELANGGENGKAN KEKUASAAN SOEHARTO

Megiridha Loppies(1*),

(1) Universitas Cendrawasih, Papua, Indonesia.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.47116

Abstract


The New Order regime started from 1966 to May 1998 showed the involvement of the army (Army) in politics government in Indonesia, which also influence educational policies in Indonesia. This study aims to examine and describe the development of education during the New Order era as a form of pure and consistent implementation of the values of Pancasila and the 1945 Constitution. The research method used is a literature study using a comparative descriptive analysis of various literature in the form of books and journal articles that are relevant to the topics discussed. The findings show that the New Order government led by President Suharto was based on the pure and consistent application of Pancasila and the 1945 Constitution which was politicized to perpetuate his power. The applied education system indoctrinates students to obey the state (rulers) as one of the efforts to perpetuate Suharto's power. The implementation of education was more oriented towards increasing quantity targets rather than improving the quality of education, in which the New Order government succeeded in eradicating illiteracy through the compulsory education program, forming study groups (chasing), and building Inpres SD. The thick nuance of militarism in the education system makes students mentally weak and powerless to be critical. It is feared that teaching critical attitudes to students will lead to criticism of the government. Therefore, the implementation of education that is held is more oriented towards producing Indonesian people who are efficient in moving the wheels of the economy.

Rezim orde baru yang berlangsung dari tahun 1966 hingga bulan Mei 1998 memperlihatkan keterlibatan tentara (Angkatan Darat) dalam politik pemerintahan di Indonesia yang turut mempengaruhi kebijakan-kebijakan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan perkembangan pendidikan pada masa orde baru sebagai wujud implementasi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekwen. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif dari berbagai literatur berupa buku-buku maupun artikel jurnal yang relevan dengan topik yang di bahas. Hasil temuan menunjukan bahwa pemerintah orde baru yang dipimpin oleh presiden Soeharto berpijak pada penerapan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekwen yang dipolitisasi untuk melanggengkan kekuasaannya. Sistem pendidikan yang diterapkan mengindoktrinasikan agar peserta didik patuh kepada negara (penguasa) sebagai salah satu upaya melanggengkan kekuasaan Soeharto. Penerapan pendidikan lebih diorientasikan kepada peningkatan target kuantitas dari pada peningkatan kualitas pendidikan, dimana pemerintah orde baru berhasil melakukan pemberantasan buta aksara melalui program wajib belajar, pembentukan kelompok belajar (kejar), dan pembangunan SD Inpres. Nuansa militerisme yang kental dalam sistem pendidikan membuat peserta didik menjadi manusia yang lemah mental dan tidak berdaya kritis.Pengajaran sikap kritis kepada peserta didik dikhawatirkan akan memunculkan sikap kritik terhadap pemerintah. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan lebih berorientasi  untuk menghasilkan manusia-manusia Indonesia yang berdaya guna untuk menggerakan roda perekonomian.


Keywords


Education; Orde Baru Regime; Pendidikan; Zaman Orde Baru.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Apple, M. W. (2013). Knowledge, power, and education: The selected works of Michael W. Apple. Routledge.

Aprianto, T. C. (2021). Pelaksanaan Agenda Reforma Agraria Awal Masa Orde Baru (1967-1973). Historia, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.19184/jhist.v3i2.23561

Fatgehipon, A. H. (2010). Tentara dan Pergolakan Politik di Indonesia: Membongkar mitos melanjutkan reformasi internal (1st ed.). Cahaya Pineleng.

Febriyanti, F., & Haryanti, N. D. (2021). Kekerasan Rezim Orde Baru Dalam Empat Cerpen Indonesia Modern Serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA/MA. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra (e-ISSN: 2797-0477), 1(04), Article 04.

Hadi, D. W., & Kasuma, G. (2012). Propaganda Orde Baru 1966-1980. 1(1), 40–50.

Hanugrah, S. N., & Hardi, E. (2019). Melihat Penyimpangan Politik Masa Orde Baru dari Kaca Mata Karya Sastra (Sebuah Studi Historiografi).

Hariyadi, A. R. (2021). Dinamika Kebijakan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia. JDKP Jurnal Desentralisasi Dan Kebijakan Publik, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30656/jdkp.v2i2.3887

Kurniawati, K. (2017). Mencari Makna Dalam Sejarah: Meninjau Kembali Historiografi Indonesiasentris Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 13–20. https://doi.org/10.21009/JPS.042.02

Mukodi, M. (2016, December 29). Dinamika Kebijakan Pendidikan di Indonesia SebuahRefleksi Historis.

Muzammil, A. (2016). Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pendidikan dari Orde Lama Sampai Orde Baru (Suatu Tinjauan Historis). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 183. https://doi.org/10.24014/potensia.v2i2.2537

Naimah, H. (2015). Peralihan Kekuasaan Presiden dalam Lintasan Sejarah Ketatanegaraan Indonesia. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.18592/khazanah.v13i1.518

Naredi, H. (2019). PSPB dan Dekonstruksi Sejarah Indonesia pada Masa Orde Baru. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(1). https://doi.org/10.17509/historia.v3i1.20731

Putra, I. (2023). Karakter Haluan Negara dari Masa ke Masa dan Implikasinya dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia Pasca Reformasi. UNES Journal of Swara Justisia, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31933/ujsj.v7i1.316

Rajab, B. (2022). Otoritarianisme-birokratik orde baru, krisis ekonomi dan politik, dan demokrasi formal masa reformasi. Jurnal Politik indonesia (Indonesian Journal of Politics), 8(1), 59–78. https://doi.org/10.20473/jpi.v8i1.21817

Safei, S., Hudaidah, H., & Universitas Sriwijaya. (2020). Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998). Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i1.3253

Saputro, A. (2018). Agama dan Negara: Politik Identitas Menuju Pilpres 2019. Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 2(2), Article 2. https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/asketik/article/view/1074

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sugiyono, S., Aman, A., Kumalasari, D., Sutopo, & Nuryanto, A. (2017). Peta Jalan Pendidikan Indonesia. Universitas Negeri Ypgyakarta.

Suwirta, A. (2018). Pers dan Kritik Sosial pada Masa Orde Baru: Studi Kasus Pers Mingguan Mahasiswa Indonesia di Bandung, 1966-1974. MIMBAR PENDIDIKAN, 3(2), 113–136. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v3i2.13949

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035

Tati, A. (2017). Kurikulum Pendidikan di SD dan SMA Pada Masa Orde Baru. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 89–102. https://doi.org/10.21009/JPS.042.09

Toni, & Utama, A. S. (2021). Pengaruh Rezim Politik Terhadap Karakter Produk Hukum di Indonesia. Journal of Criminology and Justice, 1(1), Article 1.


Article Metrics

Abstract view : 4298 times | DOWNLOAD PDF view : 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: