PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SDN 48 LATAPPARENG KABUPATEN SOPPENG

Rosdiah Salam(1*), Amrah Amrah(2), Muh Iqbal Jusman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia.
(2) Universitas Negeri Makassar, Indonesia.
(3) Universitas Negeri Makassar, Indonesia.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.47114

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 48 Latappareng. Jenis. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pola asuh orang tua dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kedisiplinan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SDN 48 Latappareng yang berjumlah 150 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa penarikan jumlah tersebut dengan menggunakan teknik Stratified random sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pola asuh orang tua siswa SDN 48 Latappareng menerapkan pola asuh demokratis dengan jumlah frekuensi pada pola asuh demokratis sebanyak 56 (93,3%) (2) Kedisplinan belajar Siswa SDN 48 Latappareng berada pada tingkat kategori sedang dengan jumlah frekuensi terbanyak yaitu 25, kemudian tingkat kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori baik dengan jumlah frekuensi sebanyak 23, lalu kategori kurang dengan jumlah frekuensi 7, dan kategori sangat kurang dengan jumlah frekuensi 5. (3) Pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 48 Latappareng yang dapat diketahui dari perolehan nilai sig < 0,05 (0,002 < 0,05).  Pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 48 Latappareng yang dapat diketahui dari perolehan nilai sig < 0,05 (0,002 < 0,05) dan hasil uji normalitas menghasilkan data dalam penelitian berdistribusi secara normal yang dimana nilai sig > 0,05 (0,200 > 0,0,5) dan pada uji autokorelasi disimpulkan bahwa data dalam penelitian tidak terjadi autokorelasi yang dimana nilai tolerance > 0,10, dan pada uji heteroskedastisitas disimpulkan bahwa data dalam penelitian tidak terjadi gejala heteroskedastisitas yang dimana nilai sig > 0,05.

This research is a quantitative study that aims to determine the effect of parenting style on student learning discipline at SDN 48 Latapareng. Type. The independent variable in this study is parenting style and the dependent variable in this study is learning discipline. The population in this study were all students of SDN 48 Latapareng, totaling 150 students and the sample used was 60 students. The number was drawn using Stratified random sampling technique. The results of this study indicate that (1) the parenting style of students at SDN 48 Latapareng applies democratic parenting with a total frequency of 56 (93.3%) democratic parenting; (2) the learning discipline of students at SDN 48 Latapareng is at the moderate level with the highest number of frequencies, namely 25, then the level of student learning discipline is in the good category with a total frequency of 23, then the less category with a total frequency of 7, and the very poor category with a total frequency of 5. (3) Parenting patterns have a significant effect on students' learning discipline at SDN 48 Latapareng which can be seen from the acquisition of sig <0.05 (0.002 <0.05). Parenting style has a significant effect on the learning discipline of SDN 48 Latapareng students which can be seen from the acquisition of a sig <0.05 (0.002 <0.05) and the results of the normality test produce data in a normally distributed study where the sig value > 0. 05 (0.200 > 0.0.5) and in the autocorrelation test it was concluded that the data in the study did not have autocorrelation where the tolerance value was > 0.10, and in the heteroscedasticity test it was concluded that the data in the study did not show symptoms of heteroscedasticity where the sig value > 0 ,05.


Keywords


Parenting Patterns; Study Discipline; Pola Asuh Orangtua; Kedisiplinan Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Arsyi Mirdanda,. (2018) Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta didik serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar Cet. 1. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery.

Casmini. (2007) Emotional Parenting, Yogyakarta:P_Idea..

Hafidz Muhammad. (2017). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMPIT Al-Mukminun Metro” (Skripsi Institut Agama Islam Negeri Metro.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, versi 0.4.0 Beta (40)

Kemedikbud. (2017) Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Kelurga Dengan Anak Usia Dini.

Muslima. (2015). “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak”, Gender Equality: Internasional Journal Of Child and Gender Studies, Vol. 1 No. 1: 87.

Pebriyona, Eno Ropilin dkk. (2022). Kolaborasi Orangtua Dengan Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Jarak Jauh. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.

Rohaeli Eli Badria. (2018). Pola Pengasuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia, Jurnal COM-EDU 1 no.1: 4-5

Salafuddin. (2020). Implementasi Metode Cooperitve Learning dalam Peningkatan Kreativitas Belajar Aqidah Akhlak Siswa MTs Terpad PondoK Pesantren Roudlotul Qur’an Lamongan. Skripsi Universitas Islam Lamongan.

Sobri Muhammad and Moerdiyanto. (2014). “Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya,” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 1, no. 1: 43–56.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | DOWNLOAD PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: