PENERAPAN MODEL OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 59 PAREPARE

Yonathan S Pasinggi(1*), St Maryam M(2), Cece Mursyida(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.46669

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran outdoor learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tematik tentang komponen dan volume bangun ruang siswa kelas V UPTD SD Negeri 59 Parepare. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada proses dan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran outdoor learning. Hal ini dibuktikan pada siklus I proses dan hasil belajar matematika memperoleh hasil persentase yang masih tergolong kategori cukup (C). Namun, setelah melakukan upaya perbaikan siklus I proses dan hasil belajar matematika pada siklus II memperoleh hasil persentase yang telah tergolong kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran outdoor learning mathematics dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tematik tentang komponen dan volume bangun ruang siswa kelas V UPTD SD Negeri 59 Parepare.


Keywords


Proses belajar; Hasil belajar; Matematika; Outdoor learning mathematics

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ahmad, S.,Helsa, Y.,& Ariani, Y. (2020).Pendekatan Realistik dan Teori

Van Hiele.Yogyakarta: Deepublish.

Amin.,& Sumendap, L.Y.S. (2022).164 Model Pembelajaran Kontemporer.Universitat Islam 45 Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM.

Antari, C.J.,Triyogo, A.,& Egok, A.S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5 (4): 2209-2219.

Asmaul.,Hasan, K.,& Nurjannah. (2021).Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Soppeng.Pinisi Journal Of Education.Vol 1 (2): 81-92.

Asri, Y.N.,et al. (2022).Model-Model Pembelajaran.CV.Sukabumi: Haura

Utama.

Asri, D.S.,Yulia.,& Musfirah. (2022).Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Kabupaten Sidenreng Rappang.Pinisi Journal of Education.Vol.2

(5): 93-105.

Darmansyah, A.,Muktadir, A.,& Anggraini, D. (2021).Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning dengan MemanfaatkanBarang Bekas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik.Jurnal Riset Pendidikan Dasar.Vol.4 (2): 179-189.

Djamarah, S.B.,& Zain, A. (2014).Strategi BelajarMengajar.Jakarta: Renika Cipta.

Egok, A.S.,Andeli, A.P.,& Sofiarini, A. (2021).Penerapan Model Zembelajaran Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Tanjung Beringin.Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III)

Fiantika, F.R.,et al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif.Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Hermawan.,& Aisyah, I. (2019).Pembelajaran Setting Outdoor Learning Mathematics Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V SDN 2 Ciomas. Jurnal Ilimah Educater.Vol 5 (1): 37-44

Hikmah, A.,Prayitno, A.,Damayanti, N.W. (2020).Penerapan embelajaran Outdoor Mathematics Dengan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar.Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM).Vol 1 (1): 10-20.

Ilmi, N.,Pasinggi, Y.S.,Amran, M.,& Ilmi, I.N. (2023).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV.JIKAP

PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol 7 (1): 124-129.

Indahsari, S.N. (2015).Perbandingan antara Kegiatan Pembelajaran di Luar Kelas dan Kegiatan Pembelajaran di Dalam Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kab.

Jeneponto. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Kawanan, E.,Lukman.,& Zainal, Z. (2021).Evaluasi Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Tana Toraja.Pinisi Journal Of Education.Vol 1 (1): 69-75.

Krismanto, W.,Khalik A.,& Sayidiman. (2015).Meningkatkan Kemampuan

Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan.Vol V (3): 234-242.

M., St. Maryam.,Zainal, Z.,& Armila. (2019). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.2 (1): 1–12.

M., St. Maryam.,Zainal, Z.,& Bunga, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization untuk

Meningkatkan Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas V UPTD SD Negeri 26

Parepare. Jurnal Of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST). Vol.5 (1): 17–26.

Musfirah.,Maryam, St.,& Yunarsi, D.A. (2021).Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa

Pada Meteri Perpindahan Kalor. Pinisi Journal Of Education.Vol 1 (1): 137–144.

Mutia. (2021).Characteristics Of Children Age Of Basic Education.Fitrah.Vol 3 (1): 114-131.

Nugraha, M.F.,et al. (2020).Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Tasikmalaya: Edu Publisher.

Nugrahani, F.,& Hum, M. (2014).Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta.

Nurhaidah. (2017).Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada Siswa Kelas CI MIPA I Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Watampone.JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol 2 (1): 23-30.

Nurhasanah. (2016).Pengaruh Pembelajaran di Luar Kelas Terhadap Hasil Belajar IPA pada Murid Kelas III SD Negeri 18 Belang-Belang Kelurahan Allepolea Kecamatan Lau Kabupaten Maros.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nurjannah.,Fajar.,& Mahfudz, F. (2022).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Interaksi Manusia Kelas V UPTD SD Negeri 36 Parepare.Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST).Vol 4 (2): 109-114.

Pasinggi, Y.S. (2016).Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Melalui Model

Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SDN 44 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol 4 (2): 111-118.

Pasinggi, Y.S.,& Tuken, R. (2019).Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Guna MeningkatkanHasil Belajar Siswa Kelas V SDN 28 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan.Vol

(1): 72-76.

Rukajat, A. (2018).Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitat Ve Research

Approach).Yogyakarta: Deepublish.

Rosnah. (2019).Mengembangkan Bakat Kemandirian Murid Melalui Penerapan Strategi Outdoor Learning dan Indoor Learning pada TK Pertiwi Pompanua Kabupaten Bone.JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol 3 (2): 139-146.

Rosyid, M.Z.,Rofiqi.,& Yumnah, S. (2021).Outdoor Learning: Belajar di Luar Kelas.Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Ruqoyyah, S., Linda.,& Murni, S. (2020).Belajar Bangun Ruang dengan VBA Microsoft Excel.Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Saputra, N.,et al. (2021).Penelitian Tindakan Kelas.Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sinring, A.,Saman, A.,Pattaufi.,& Amir, R. (2016).Panduan Penulisan Skripsi (Proposal Skripsi, Skripsi, dan Karya Ilmiah).Universitas Negeri Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sudarsana, K.,et al. (2020).Covid-19:Perspektif Pendidikan.Yayasan Kita Menulis.

Suslia, M.K.D. (2012).Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Matematika Di Luar Kelas (Outdoor Mathematics)

Pada Siswa Kelas Iii B Sd Negeri Gamol Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Syahid, L.,Djabba, R.,& Mukhlisa, N. (2021).Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru.Pinisi Journal Of Education.Vol 1 (2): 168-185.

Yolanda, D.D. (2020).Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode

Discovery.Guepedia.

Yosodipuro, A. (2013).Siswa Senang, Guru Gemilang: Strategi Mengajar yang Menyenangkan dan Mendidik dengan Cerdik.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yulia, Shasliani.,& Isnawati. (2021).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectualy) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang.Jurnal Publikasi Pendidikan.Vol XX (XX):1-8


Article Metrics

Abstract view : 384 times | DOWNLOAD PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: