PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG INTERAKSI MANUSIA DI KELAS V UPTD SD NEGERI 7 PAREPARE

Rasmi Djabba(1), Yonathan S Pasinggi(2), Marni Umar(3*),

(1) PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.46602

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang interaksi manusia di kelas V UPTD SD Negeri 7 Parepare. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu 20 siswa dan 1 guru kelas V. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini fokus pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle pada siklus I dan II semakin baik. Hal ini dilihat dari siswa yang mulai menyimak materi pembelajaran dan kemampuan siswa dalam mengembangkan kerangka pikirnya serta siswa percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya. Sejalan dengan peningkatan proses pembelajaran, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I kualifikasi cukup dan siklus II kualifikasi baik.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle, Hasil Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Djabba, R. & Halik, A 2019. Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume 9(1), 69-71.

Iffah, Fadillah & Yuni Fitri Yasni. 2022. Manusia sebagai makhluk sosial. Jurnal Lathaif: Literasi Tafsir Hadis dan Filologi, Vol.1 (1)

Jauhar, Kadir, A., & Wahyuni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 1–6.

Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. Bandung: UPI.

Rahmaniah, A. (2013). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuaan Sosial Pada Pendidikan Dasar. Madrasah, 5(1), 94–112.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Syam, N., Zain, W., & U. N. (2022). Pembelajaran Luar Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Zat Tunggal dan Campuran Siswa Kelas V UPT SD Negeri 6 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang. JUARA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah, 1, 350–364.

Wekke, I. S. 2019. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku.

Wirda, Y., Ikhya, U., Ferdi, W., Nur, L., & Sisca, F. 2020. Faktor-Faktor Determinasi Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kbijakan, Bahan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yunita Ningsih, S., & Andriani, S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 88–94.


Article Metrics

Abstract view : 81 times | DOWNLOAD PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: