PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 57 PAREPARE

St Maryam M(1), Zaid Zainal(2), Astina Ramsya(3*),

(1) PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.46601

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik siswa kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare. Pendekatan penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, hasil penelitian siklus I proses pembelajaran dari aspek guru pada kualifikasi cukup (C), aspek siswa kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar kualifikasi cukup (C). Sedangkan hasil penelitian siklus II proses pembelajaran dari aspek guru pada kualifikasi baik (B), aspek siswa kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tematik siswa kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Amelia, R. S., Ilham, M., & Sangila, M. S. (2021). Penerapan Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 79–83.

Bailang, I., Emor, J., & Wenas, J. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Scramble terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi, 5(2),132–137.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 23 Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.

Haris, W. A., & Ahmad, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Subtema Denah Dan Skala Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Readinga and Composition ( CIRC ) Di Kelas V SDN 56 Anak Air Kota Padang. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 320–330.

Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Maryam, M. S. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Simetri Putar dan Lipat Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V S Negeri 83 Parepare. Publikasi Pendidikan, 2(3), 199–208.

Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.

Nurfatimah, Affandi, L., & Jiwandono, I. 2020. Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145-154.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmayanti, H., Hakim, A., & Fajar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Sidrap. Journal Of Education, 1(1), 264–276.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudarmi, & Burhanuddin. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1), 72–79.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 Bab I Pasal 1 tentang Pendidikan Tinggi.

Zainal, Z., & Pasinggi, Y. S. (2018). Pendidikan Matematika 1 : Bilangan, Faktor, dan Kelipatan Persekutuan. Makassar : Badan Penerbit Universitas Makassar.

Zainal, Z., Mukhlisa, N., & Azizah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2), 99–103.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | DOWNLOAD PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: