HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 28 HALMAHERA SELATAN
(1) Universitas Khairun Ternate
(2) Universitas Khairun Ternate
(3) Universitas Khairun Ternate
(4) Universitas Khairun Ternate
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.45770
Abstract
The aims of this study were: to find out the relationship between the community environment and the family environment on students' learning motivation in geography subject and to find out how much the relationship between the community environment and family environment has on student learning motivation in geography class X class at SMA Negeri 28 Halmahera Selatan. This research is quantitative descriptive. Respondents amounted to 36 students. Test the validity of the instrument using the Product Moment correlation and test the reliability using the Cronbach's Alpha formula. Data analysis prerequisite tests include normality tests and linearity tests. The data analysis used is a simple regression analysis technique for the first hypothesis (X1 – Y) and the second hypothesis (X2 – Y) and multiple regression analysis for the third hypothesis (X1 X2 – Y). The results showed that there was a positive relationship between the community environment and the learning motivation of class X students with rx1y = 0.457; r2 x1y= 0.209; and tcount of 3.042 greater than ttable of 2.026 and a positive relationship with the family environment, namely, with rx2y = 0.651; r2x2y = 0.424 and tcount = 5.073 which is greater than ttable of 2.026. 2) there is a positive relationship between the community environment and family environment together with students' learning motivation Ry(1,2) = 0.652; R2 y(1,2) = 0.425; and Fcount of 12.580 greater than Ftable of 3.27.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hubungan lingkungan masyarakat dah lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi serta Untuk mengetahui berapa besar hubungan lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 28 Halmahera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Responden berjumlah 36 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah teknis analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama (X1 – Y) dan hipotesis kedua (X2 – Y) serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga (X1 X2 – Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Hubunganh positif Lingkungan masyarakat terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X dengan rx1y= 0,457; r2 x1y= 0,209; dan thitung sebesar 3.042 lebih besar dari ttabel sebesar 2,026 dan hubunganh positif Lingkungan keluarga yakni, dengan rx2y = 0,651; r2x2y =0,424 dan thitung =5,073 lebih besar dari ttabel sebesar 2,026. 2) terdapat hubungan positif Lingkungan masyarakat dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar siswa Ry(1,2) = 0,652; R2 y(1,2) = 0,425; dan Fhitung sebesar 12,580 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,27.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Abu, A & Widodo, S. 2004. Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Balai Pustaka, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta
Darojah, H. Z. 2010. Hubungan Antara Lingkungan Belajar Siswa dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi: FISE UNY
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dalyono, 2012 Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Dwi, S. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Depdiknas. 2003. Pelayanan profesional kurikulum 2004 kegiatan belajar mengajar efektif. Jakarta: Depdiknas
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Firmantika, L. 2010. Hubungan Antara Lingkungan Belajar di rumah sendiri dan Pemondokan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi: FISE. UNY
Mulyono, A. 2003.Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Asdi Mahasatya
Mendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah 2006. Jakarta: Depdiknas
Mustaqim. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nana, S. 2001. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Remaja Rosdakarya
Oemar, H. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pasongli, dkk . 2017 Analisis kompotensi profesional dan pedagogik guru ilmu pengetahuan sosial (IPS) di smp negeri se-kota ternate. Ternate. Humano Vol 8, (1), 86-101, 2017
Rumini, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta UNY Press
Sumaatmadja, N. 2001. Metodologi Pembelajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syamsu, Y. & Nani, M.S. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Syah, M. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya
Trihendradi, C. 2009. 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17. Yogyakarta: Andi Offset
Article Metrics
Abstract view : 94 times | DOWNLOAD PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: