HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 28 HALMAHERA SELATAN

Eva Marthinu(1*), Hasmawati Hasmawati(2), Hernita Pasongli(3), Rugeri Lewarion(4),

(1) Universitas Khairun Ternate
(2) Universitas Khairun Ternate
(3) Universitas Khairun Ternate
(4) Universitas Khairun Ternate
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.45770

Abstract


The aims of this study were: to find out the relationship between the community environment and the family environment on students' learning motivation in geography subject and to find out how much the relationship between the community environment and family environment has on student learning motivation in geography class X class at SMA Negeri 28 Halmahera Selatan. This research is quantitative descriptive. Respondents amounted to 36 students. Test the validity of the instrument using the Product Moment correlation and test the reliability using the Cronbach's Alpha formula. Data analysis prerequisite tests include normality tests and linearity tests. The data analysis used is a simple regression analysis technique for the first hypothesis (X1 – Y) and the second hypothesis (X2 – Y) and multiple regression analysis for the third hypothesis (X1 X2 – Y). The results showed that there was a positive relationship between the community environment and the learning motivation of class X students with rx1y = 0.457; r2 x1y= 0.209; and tcount of 3.042 greater than ttable of 2.026 and a positive relationship with the family environment, namely, with rx2y = 0.651; r2x2y = 0.424 and tcount = 5.073 which is greater than ttable of 2.026. 2) there is a positive relationship between the community environment and family environment together with students' learning motivation Ry(1,2) = 0.652; R2 y(1,2) = 0.425; and Fcount of 12.580 greater than Ftable of 3.27.

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hubungan lingkungan masyarakat dah lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi serta  Untuk mengetahui berapa besar hubungan lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 28 Halmahera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Responden berjumlah 36 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah teknis analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama (X1 – Y) dan hipotesis kedua (X2 – Y) serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga (X1 X2 – Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Hubunganh positif  Lingkungan masyarakat terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X  dengan rx1y= 0,457; r2 x1y= 0,209; dan thitung sebesar 3.042 lebih besar dari ttabel sebesar 2,026  dan hubunganh positif  Lingkungan keluarga yakni, dengan rx2y = 0,651; r2x2y =0,424 dan thitung =5,073 lebih besar dari ttabel sebesar 2,026. 2) terdapat hubungan positif Lingkungan masyarakat dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar siswa Ry(1,2) = 0,652; R2 y(1,2) = 0,425; dan Fhitung sebesar 12,580 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,27.


Keywords


Community environment; Environment; Family; Learning Motivation; Lingkungan masyarkat; Lingkungan; Keluarga; Motivasi Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abu, A & Widodo, S. 2004. Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Balai Pustaka, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta

Darojah, H. Z. 2010. Hubungan Antara Lingkungan Belajar Siswa dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi: FISE UNY

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono, 2012 Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Dwi, S. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Depdiknas. 2003. Pelayanan profesional kurikulum 2004 kegiatan belajar mengajar efektif. Jakarta: Depdiknas

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Firmantika, L. 2010. Hubungan Antara Lingkungan Belajar di rumah sendiri dan Pemondokan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi: FISE. UNY

Mulyono, A. 2003.Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Asdi Mahasatya

Mendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah 2006. Jakarta: Depdiknas

Mustaqim. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nana, S. 2001. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Remaja Rosdakarya

Oemar, H. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pasongli, dkk . 2017 Analisis kompotensi profesional dan pedagogik guru ilmu pengetahuan sosial (IPS) di smp negeri se-kota ternate. Ternate. Humano Vol 8, (1), 86-101, 2017

Rumini, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta UNY Press

Sumaatmadja, N. 2001. Metodologi Pembelajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syamsu, Y. & Nani, M.S. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, M. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya

Trihendradi, C. 2009. 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17. Yogyakarta: Andi Offset


Article Metrics

Abstract view : 94 times | DOWNLOAD PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: