Market Digital Era 4.0 Dalam Perspektif Sosiologis (Studi Kasus Sales Toyota Hadji Kalla Cabang Hertasning Kabupaten Gowa)

April Cahaya(1*), Muhammad Syukur(2), Ahmadin Ahmadin(3), Anrical Anrical(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.37550

Abstract


The objectives of the study are to discover: 1) the adaptation of the Toyota Heartasning sales dialer in Gowa district in entering the digital era 4.0. and 2) the sales strategy in promoting Toyota products. The study employed a qualitative descriptive employed observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques were conducted in three stages, namely: data reduction, data presentation, and conclusions drawing. The results of the study reveal that: 1) the form of adaptation conducted by Toyota Hadji Kalla Hertasning sales in Gowa district is the transition from a conventional sales system to a digital market system that functions as: a) sales tools, b) customer services, c) a means of communication, d) cost efficiency, and e) a brand development tool; 2) the strategies used by sales of Toyota Hadji Kalla Hertasning in Gowa district in marketing products are, a) conducting an online gatering, b) using social media such as Facebook, Instagram, WhatsApp Sender, Tik Tok, and Web in marketing Toyota products, c ) visiting consumers' homes directly, d) maintaining good relations with consumers who have previously purchased cars, and 5) expanding social networks to sales competitors.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana adaptasi sales dialer toyota Heartasning Kabupaten Gowa dalam memasuki era digital 4.0. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi sales dalam mempromosikan produk toyota. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, informan dalam penelitan sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk adaptasi yang dilakukan oleh sales Toyota Hadji Kalla Hertasning Kabupaten Gowa yaitu peralihan dari sistem penjualan konvensional ke sistem market digital yang berfungsi sebagai: a) alat penjualan (sales tools), b) Sebagai pelayanan konsumen (customer services), c) Sebagai alat berkomunikasi, d) Sebagai efsiensi biaya, dan e) Sebagai alat pengembangan merk. 2) Adapun strategi yang digunakan oleh sales Toyota Hadji Kalla Hertasning Kabupaten Gowa dalam memasarkan produk yaitu, a)  melakukan gatering secara daring, b) menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, whatsApp Sender, Tik Tok, dan Web dalam memasarkan produk Toyota, c) Visit konsumen atau mengunjungi langsung kerumah konsumen. d) Menjaga hubungan baik dengan konsumen yang telah melakukan pembelian mobil sebelumnya, dan 5) memperluas jejaring sosial kepada sales competitor.


Keywords


Digital Mart; Sales; Pasar Digital, Penjual

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ahmadin. 2013. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Makassar: Rayhan Intermedia.

Alimanda. 2015. Sosiologi Masyarakat Sedang Berkembang. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aryanto,Vincent Didiek Wiet & Yohan Wismantoro. 2020. Marketing Digital: Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. Yogyakarta. PT Kanisius Yogyakarta.

Chaffey, Dave. 2002. Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson

Elida, Tety & Ari Raharjo. 2019. Pemasaran Digital. Bogor. PT Penerbit IPB Press.

Gaffar, Syamsul Bakhri. 2010. Adapatasi Dan Integrasi Komunitas Bajo. Makassar: Universitas negeri Makassar.

Hasbullah, Jousari. 2006. Social Capital: Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia. Jakarta: MR-United Press

Indrayani, Damsar. 2018. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Prenada

Kopalle, K Praven dan Dobald Lehman. 2006. The Effects Of Advertised and Oberserved Qualitiy On Espectation About New Product Qualitiy. Journal Of Marketing Research. Vol xxxii.,p.280-290.

Kotler, Philip. Hermawan Kartajaya, & Irwan Setiawan. 2019. MARKETING 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Lindawati, Sri. 2020. Pemasaran Digital. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Peneliti Sastra: Teori, Metode dan Teknik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Rianse, Usman & Abdi. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Yogyakarta: Alfabeta.

Sanjaya, Ridwan & Tarigan, Josua. 2009. Creative Digital Marketing: Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif, dan Berdaya hasil. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Schwab, Klaus. 2019. Revolusi Industri Keempat. Jakarta: PT.Gramedia

Skinner, Chris. 2018. Manusia Digital: Revolusi 4.0 Melibatkan Semua Orang. Jakarta: Elex Media Komputendo.

Stanton, William. 1978. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Sugihartati, Rahma. 2014. Perkembangan Masyarakat Informasi & Teori Sosial Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Sugioyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Albabeta.

Sugioyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Albabeta.

Swastha, Basu. 2005. Azas-Azas Manajemen. BPFE-UGM: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 318 times | DOWNLOAD PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: