Adaptasi Pembelajaran Secara Blended Learning di Masa New Normal di SMK Negeri 3 Makassar

Anisah Aah Marfuah(1), Firdaus W Suhaeb(2*), M Rasyid Ridha(3), Muhamad Ihsan Azhim(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universtas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.37546

Abstract


This study aims to (1) apply blended learning carried out at SMK 3 Makassar in the new normal period. The research is qualitative and uses a descriptive approach. This research data will use primary and secondary data sources. In collecting the data using observation, interview and doc-umentation techniques. There are three stages in the data analysis process, namely data reduc-tion, data presentation and conclusions. The data validity technique used is to use source trian-gulation, method trigulation, and theoretical trigulation. (1) The application of blended learning in the new normal period at SMK Negeri 3 Makassar in its application Blended learning also sees the situation of covid19 conditions increasing which allows students to learn online again at home and if this condition changes from the school also begins to treat Blendedd laerning back at school 50% and 50% study at home. The application must be carefully prepared so as to pro-vide a change to teachers and students. From blended learning at SMK Negeri 3 Makassar, we also get to take advantage of the facilities that have been provided by the school using the LMS application which is in accordance with the government's recommendations to use when study-ing online.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran blended learning yang dilakukan di SMK  3 Makassar di masa new normal. Penelitiannya berjenis kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang akan digunakan bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Ada tiga tahapan dalam proses analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yakni menggunakan triangulasi sumber, trigulasi metode, dan trigulasi teori. Hasil penelitian di memperlihatkan jika: (1) Penerapan pembelajaraan blended learning di masa new normal di SMK Negeri 3 Makassar dalam penerapannya Blended learning juga melihat situasi kondisi covid19 meningkat yang memungkinkan siswa belajar online kem-bali dirumah dan jika kondisi ini berubah dari pihak sekolah juga mulai memperlakukan Blend-edd laerning kembali di sekolah 50% dan 50% belajar dirumah. Penerapan harus di siapkan dengan matang sehinggah memberikan suatu perubahan kepada guru dan siswa. Dari pembelaja-ran blended learning di SMK Negeri 3 Makassar juga mendapatkan memanfaatkan fasilitas yang sudah di sediakan oleh pihak sekolah menggunakan aplikasi LMS yang sesuai anjuran pemerintah di gunakan saat belajar online. Sudah sangat relevan dan cocok di laksanakan pada kondisi saat ini, khususnya di SMK Negeri 3 Makassar.


Keywords


Adaptation; Blended Learning; Adaptasi; Pembelajaran Campuran

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Akbar, M. W., & Benedict, A. (2020). Kampanye di Tengah New Normal Era: Mampukah Kita Berdamai dengan Pandemi.

Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama Vol. 4, No. 2.

Curtis J. Bonk, Charles R. Graham, 2006. The Handbook of Blended Learning, San Francisco: Pfeiffer.

Dwiyanto, Heri. 2020. Menyiapkan Pembelajaran dalam Memasuki “New Normal” dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung)

El-Erian, M. A. 2010. Navigating the new normal in industrial countries. Washington, DC: Per Jacobsson Foundation.

Hossain, M. M., Karim, M. R., Elahi, M. M. A., & Zain, M. F. M. (2020). Water absorption and sorptivity of alkali-activated ternary blended composite binder. Journal of Building Engineering, 31, 101370.

Husamah, H. (2015). Blended projectbased learning: thinking skills of new students of biology education department (environmental sustainability perspective). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 110-119.

Ibnu Aji Pamungkas dan Wasis D. Dwiyogo. 2020. Blended learning Sebagai Pembelajaran Alternatif Di Era New normal Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani, Universitas Negeri Malang 2020

Jamaluddin, A. A., Dwiyogo, W. D., & Hariyanto, E. (2018). Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1373-1382.

Mariani, A. 2020. Implementasi Perkuliahan Secara Blended Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 485-493).

Soerjono Soekanto, 2018. New normal Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali Press

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung. Alfabeta.

Yakubu, N., Amuzat, A. O., & Hamzah, R. U. (2012). Effect of Processing Methods on the Nutritional Contents of Bitter Leaf (Vernonia amygdalina).


Article Metrics

Abstract view : 156 times | DOWNLOAD PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: