Analisis Karakter Siswa Kelas Tinggi Pada Diskusi Pembelajaran PPKn SD Inpres 7/83 Pasempe

Muliadi Muliadi(1), Muhammad Amran(2*), Asriadi Asriadi(3), Rina Bella Saputri(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.34836

Abstract


This research was a qualitative descriptive type that aimed to describe the high-class students character in the discussion of civic education learning at SD Inpres 7/83 Pasempe Palakka District Bone Regency. The subject in this research were students of grade IVth and Vth in SD Inpres 7/83 Pasempe Palakka District  Bone Regency, count to 27 people. Data collections technique used were observation and documents study technique. Data analysis techniques used were data reduction, data display and conclusion drawing/verification. Conclusion of this research indicated that the high-class students character in the discussion of civic education at SD Inpres 7/83 Pasempe Palakka District Bone Regency were religious, nasionalist, integrity, cooperate and independent.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakter siswa kelas tinggi pada diskusi pembelajaran PPKn SD Inpres 7/83 Pasempe Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Inpres 7/83 Pasempe Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Data penelitian diperoleh dari melalui observasi partisipasi pasif dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan verification/conclusion drawing. Kesimpulan penelitian ini bahwa karakter siswa kelas tinggi pada diskusi pembelajaran PPKn di SD Inpres 7/83 Pasempe Kecamatan Palakka Kabupaten Bone menunjukkan karakter religius, nasionalis, integritas, gotong royong dan mandiri.


Keywords


Character; Discussion; Civic Education; Karakter; Diskusi Pembelajaran; PPKn

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ahmad, M., Tambak, S., & Siwal. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Jurnal A-Hikmah, 15(1).

Aminah, M. S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pelajaran PPKn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Al Muhammad Cepu. IKIP PGRI Bojonegoro.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74.

Asriadi. (2021). Manajemen Pendidikan Daring Berbasis Kolaborasi dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 276.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1).

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2).

Hidayat, A. L. (2019). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi SDN Sumberanyar 2 Bondowoso. Universitas Jember.

Irwan, Hasbi, & Rosdiana. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1).

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1).

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1).

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3).

Muliadi. (2018). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2.

Mustoip, S., Jafar, M., & Ms, Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. CV. Jakad Publishing.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3).

Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6).

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Kependidikan, 22(1).

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 400 times | DOWNLOAD PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: