Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik

Aunia Syarif(1*), Maharuddi Pangewa(2), Patahuddin Patahuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v1i1.31570

Abstract


The aims of the study are to discover: (1) the influence of parents’ attention on social studies learning outcomes at SD Inpres Lipukasi in Barru district, (2) the influence of learning discipline on social studies learning outcomes at SD Inpres Lipukasi in Barru district, (3) the influence of parents’ attention and learning discipline on social studies learning outcomes at SD Inpres Lipukasi in Barru district. This study is a quantitative study with a sample of 59 students based on the Krejcie table. Data collection techniques employed questionnaires and documentation. The data analysis technique employed descriptive analysis which included the mean, mode, median, average, and standard deviation values. As well as inferential statistical analysis which included correlation test and regression analysis test. The results show that: (1) there is an influence of parents’ attention on social studies learning outcomes at SD Inpres Lipukasi in Barru district, (2) there is an influence of learning discipline on social studies learning outcomes at SD Inpres Lipukasi in Barru district, and (3) there is an influence of parents’ attention and learning discipline on social studies learning outcomes at SD Inpres Lipukasi in Barru district.

Keywords


Parents' Attention, Learning Discipline, Social Studies Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.

Ardiansyah. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Tesis. Universitas Negeri Makassar.

Astuti, Muslika Budi.2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajara Matematika pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMA Negeri 2 Colomandu Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id.). Diakses pada 16 Februari 2021.

Bangun, D. 2008. Hubungan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol 5 No 1. (https://journal.uny.ac.id) diakses tanggal 15 Januari 2021.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hilaluddin, Teja. 2019. Pegaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (Online). Diakses pada 5 November 2020.

Kalsum, Ummu dan Imran. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelaran PKn Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Kelas V SDN Sibea. Jurnal.Jurnal Kreatif Tadulako. Vol.4 (10). (https://journal.untad.ac.id). Diakses pada 16 April 2020.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Iteraktif. Bandung: Refika Aditama.

Mustari, Muhammad. 2019. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Njoroge, Philomena Mukami and Ann Nduku Nyabuto. 2014. Discipline as a Factor in Academic Performance in Kenya. Journal of Educational and Social Research. (Online). Vol. 4 No. 1. Tersedia: http://www.mcser.org /journal/index.php/jesr/article/view/1847. Diakses pada 24 September 2021.

Patty, F, dkk. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Usaha Nasional.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

---------. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumardi .2013. Psikologi Pedidikan. Jogjakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembalajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Bekajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2019. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Zulkiram. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa MAN Sibreh Aceh Besar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri ARr-Raniry. (https://repository.ar-raniry.ac.id). Diakses pada 15 Februari 2021.

Zuriah, Nuzul, 2009. Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 297 times | PDF view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: