Implementasi Pendidikan Karakter di SMK-TI Makassar

Muhammad Sabri(1*), H. Sangkala Ibsik(2), Darman Manda(3),

(1) SMK-SMKTI Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14902

Abstract


Abstrak. Pendidikan karakter berpijak pada karakter dasar manusia dari nilai moral. Pendidikan karakter merupakan kata kunci dari proses transformasi nilai-nilai luhur di sekolah terkhsusu di SMK-SMTI Makassar. Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui tentang pembelajaran pendidikan karakter di desain secara terintegrasi oleh para guru PKn di SMK-SMKTI Makassar.(ii) Untuk mengetahui tentang peran Kepala Sekolah dalam upaya pembinaan pendidikan karakter di SMK-SMKTI Makassar.(iii) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di bidang Pendidikan Karakter yang terjadi pada mata pelajaran PPKn. Manfaat penelitian ini (i) Manfaat Teoritis, (ii) Manaat Praktis. Metode penelitian menggunakan metodologi Kualitatif, Fokus Penelitian (i) Para tenaga pendidik yang mengampuh mata pelajaran PPKn di sekolah SMK-SMKTI Makassar. (ii) Kepala Sekolah  SMK-SMKTI Makassar sebagai Pembina dari para pendidik. (iii) Para peserta didik yang menerima langsung proses belajar mengajar di SMK-SMKTI Makassar.Teknik Pengumpulan Data (i) Observasi, (ii) Wawancara, (iii) Dokumentasi. Teknik Analisis Data (i) Reduksi Data, (ii) Penyajian Data, (iii) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (i) Pembelajaran pendidikan karakter di SMK-SMKTI Makassar di desain secara terintegrasi oleh para guru PPKn dengan cara melihat pola dan perilaku peserta didik, melihat permasalahan dari setiap peserta didik serta memberikan materi kepada peserta didik yang lebih cepat dipahami. (ii) Peran kepala sekolah dalam upaya pembinaan pendidikan karakter di SMK-SMKTI Makassar adalah dengan cara memberikan fasilitas sarana dan prasarana bagi tenaga pendidik untuk mampu mengimplementasikan pembelajaran pendidikan karakter terhadap para peserta didik serta memberikan motivasi bari para peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan yang kita harapkan. (iii) Prestasi belajar peserta didik dibidang pendidikan karakter yang terjadi pada mata pelajaran PPKn ditunjukkan dengan meningkatnya hasil pembelajran pendidikan karakter yang ada di SMK-SMKTI Makassar.


Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karrakter Pekerjaan rumahespektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Azra, Azzumardi. Pendiidkan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Gunawan. 2012. Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya, Bandung: Alfabeta.

Kementrian Pendidikan Nasioanal Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2009. Badan Penelitian dan Pusat Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman Sekolah.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010.Desain Induk Pendidikan Karakter, Jakarta.

Koesoema A, Donie, 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

.2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh, Yogjakarta: Kanisius.

Satori, Djam’an , dkk 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif , Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Zubaedi. , 2012. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 376 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: