Deteksi Area Pendaharahan Otak Pada CT Scan Kepala (Otak) Menggunakan Metode K-Means Clustering

Nur Fadillah Bustamin(1), Nur Inayah Yusuf(2), Sri Rahayu(3), Andi Baso Kaswar(4*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v8i1.33161

Abstract


Abstrak. Pendarahan otak merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya karena otak merupakan salah satu organ paling vital bagi manusia. Dalam penanganannya, pendarahan otak dapat di ketahui melalui CT Scan kepala yang dilakukan di rumah sakit. Namun pemeriksaan melalui CT Scan tidak dapat mengetahui atau mendiagnosis letak atau area pendarahan otak yang terjadi, sehingga dibutuhkan suatu teknologi yang dapat mengatasi masalah tersebut agar penanganan terkait pendarahan otak dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan efisien. Pada penelitian ini, dibuat sebuah pengolahan citra digital untuk mendeteksi area atau letak pendarahan otak pada citra CT Scan menggunakan metode kmeans clustering. Metode yang digunakan terdiri dari proses segmentasi menggunakan k-means untuk memisahkan objek pendarahan dan background, kemudian proses deteksi menggunakan region props untuk memberikan label objek pada hasil segmentasi pendarahan otak sebelumnya. Berdasarkan hasil uji coba program dengan 20 data uji citra diperoleh rata-rata akurasi yaitu sebesar 90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa proses deteksi area pendarahan otak yang diusulkan memiliki akurasi yang tinggi, sehingga dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan proses yang lebih cepat.

Keywords: CT Scan Pendarahan Otak, Algoritma K-Means Clustering, Pendarahan Otak


Full Text:

PDF

References


Devin, P. W. (2017). Identifikasi Pendarahan Otak Pada Citra CT Scan Pendarahan Otak Menggunakan Metode Expectation Maximization Gaussian Mixture Model (EM-GMM). Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Japardi, I. (2003). Pendarahan pada Otak. Universitas Sumatera Utara.

Muller, A., & Cantatore, P. (2010). Introduction to Computed Tomography. Technical University of Denmark.

Rudiansyah, M. (2018). Pengukuran Volume Pendarahan Otak Pasien Stroke Hemoragik Intraserebral Hasil Multi Slice CT Scan (MSCT) Menggunakan Gradient Vector Flow (GVF). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Seeram, E. (2001). Computed Tomography [hysical Principles, Clinical Application, and Quality Control. W.B.Saunders Company Canada.

Simanjuntak, A. R. (2018). Klasifikasi Pendarahan Otak Menggunakan Bckpropagation Neural Network. Universitas Sumatera Selatan.

Sindemen, I. G.P.S. (2018). Peningkatan Glasglow Coma Scale yang Signifikan pada Pasien Epidural Hematoma Post Trepanasi Evakuasi Klot. Universitas Udayana. https://erepo.unud.ac.id/id/eprint/20633.

Wahid, K. A. (2020). Pendekatan Perhitungan Volume Pendarahan Otak Dengan Metode Manual ABC/2 Dan 2/3Sh Terhadap Metode Autometic Voxel Calculation Hounsfield Unit. Universitas Airlangga.


Article Metrics

Abstract view : 750 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.