PKM Pelatihan DPA (Dukungan Psikologis Awal) Bagi Guru di SMA Kabupaten Pangkajene

Farida Aryani(1*), Fitriana Fitriana(2), Muhammad Rais(3), Muhammad Rafli(4), Sinta Nurul Oktaviana Kasim(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i1.62912

Abstract


Abstrak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan Dukungan Psikologis Awal (DPA) yang berfokus terhadap proses dukungan pemulihan kesejahteraan psikologis guru di sekolah diantaranya meliputi: 1) Keterampilan mengelola diri; (2) Pencegahan mengurangi dampak psikologis yang lebih buruk saat menghadapi situasi tertentu, dan (3) Keterampilan mempercepat proses pemulihan agar kesejahteraan diri tetap terjadi. Kegiatan PKM DPA dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan pada Jumat, 17 Mei 2024. Dimulai pukul 08.00 WITA, peserta merupakan guru Bimbingan dan Konseling SMK. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni: 1) Persiapan; 2) Sosialisasi pelatihan; 3) Pelaksanaan program pelatihan; 4) Evaluasi dan laporan hasil pengabdian. Selama proses pelatihan terdapat perubahan dari sebelum dan setelah pelatihan dilaksanakan. Hasil menunjukkan bahwa metode DPA tentunya dapat diterapkan guru BK khususnya dalam mengenali lebih awal permasalahan peserta didik di sekolah sehingga peserta didik juga dapat menerapkan metode DPA dalam membantu menangani permasalahan teman sebaya. Kesimpulan pengabdian ini memberikan kebermanfaatan kepada guru BK di SMA Kab. Pangkep yakni keterampilan Dukungan Psikologis Awal (DPA) yang efektif diimplementasikan di sekolah.

Kata Kunci: Pelatihan, Dukungan Psikologis Awal, Guru


Full Text:

PDF

References


Amalia, E., & Kusdaryono, S. (2019). Dukungan Psikologis dan Self Empowerment Paska Bencana Bagi Staf dan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1).

Asih, M. K., Utami, R. R., & Kurniawan, Y. (2018). Psychological First Aid (PFA) untuk Pendamping Balai Pemasyarakatan (Bapas Kelas 1) Semarang. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 450–453.

Hakim, S. N., & Aozai, M. M. (2022). Introduction of Psychological First Aid to Teachers. Prosiding Webinar Pengabdian Masyarakat, 68–75.

Harding, S., Morris, R., Gunnell, D., Ford, T., Hollingworth, W., Tilling, K., Evans, R., Bell, S., Grey, J., & Brockman, R. (2019). Is teachers’ mental health and wellbeing associated with students’ mental health and wellbeing? Journal of Affective Disorders, 242, 180–187.

Hasibuan, S. H., & Munasib, A. (2020). Pengaruh Beban Kerja, Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 247–258.

Indasari, S. R., Wijaya, A., Layuk, M., Sambo, M. S., Indrawati, M., & Mangunsong, F. (2020). Buku Saku Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19. Tangerang Selatan: Wahana Visi Indonesia.

Kebudayaan, K. P. D. A. N., & Indonesia, R. (2019). Pengembangan Model Dukungan Psikologis Awal.

Kurniawan, Y., Susilo, M. N. I. B., Yogatama, A., Parantopo, W., & Anggraini, N. Y. S. (2023). Pelatihan Dukungan Psikologis Awal untuk Meningkatkan Kemampuan Asesmen Kasus pada Pendamping Korban Kekerasan di Kota Semarang. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 86–101.

Maulida, L. A., Khoiriyah, E. L., Imtihanudin, D., Rihatuljannah, R., Kamali, A. S., Supriadi, I., & Munawar, B. (2021). Pendampingan Dukungan Psikologis Awal (Dpa) Pada Wali Murid PAUD Dalam Menghadapi Pembelajaran Online Di Desa Curugbarang. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2), 53–61.

McCabe, O. L., Everly Jr, G. S., Brown, L. M., Wendelboe, A. M., Abd Hamid, N. H., Tallchief, V. L., & Links, J. M. (2014). Psychological first aid: A consensus-derived, empirically supported, competency-based training model. American Journal of Public Health, 104(4), 621–628.

Nugroho, D., Muktiali, S., Nenda, N., & Achmad, L. I. (2023). Dukungan Psikologi Awal pada Pelajar dalam Upaya Memilih Jurusan Kuliah dan Jenis Pekerjaan. Lentera Pengabdian, 1(03), 251–258.

Taylor, M., Wells, G., Howell, G., & Raphael, B. (2012). The role of social media as psychological first aid as a support to community resilience building. Australian Journal of Emergency Management, The, 27(1), 20–26.

Wijayanti, P. A. K., Pebriani, L. V., & Yudiana, W. (2019). Peningkatan subjective well-being in school pada siswa melalui “peer support and teaching method program.” Journal of Psychological Science and Profession, 3(1), 31–42.


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.