Peningkatan Produktivitas Mahasiswa melalui Pelatihan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Yusri Yusri(1*), Syamsu Rijal(2), Abd. Kasim Achmad(3), Syamsurijal Syamsurijal(4), Mantasiah R.(5),

(1) Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i1.61714

Abstract


Abstrak. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni untuk meningkatan pemahaman dan keterampilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman dalam menulis proposal Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk program peningkatan produktivitas mahasiswa yang bersifat non-akademik.  Terdapat 4 tahap dalam kegiatan ini yakni berupa analisis kebutuhan pelaksanaan program, pengembangan materi pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi pada saat pelatihan dan pasca pendampingan, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam menulis proposal Program Kreativitas Mahasiswa. Indikator utama yang dapat dilihat adalah dari jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam mengirimkan proposal Program Kreativitas Mahasiswa dan jumlah mahasiswa yang berhasil mendapatkan pendanaan PKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Kata Kunci: Program Kreativitas Mahasiswa, Proposal, Produktivitas Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Achmadi, T. A., Anggoro, A. B., Irmayanti, I., Rahmatin, L. S., & Anggriyani, D. (2020). Analisis 10 tingkat soft skills yang dibutuhkan mahasiswa di abad 21. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 145-151.

Deryane, I. (2023). Pentingnya Soft Skills Terhadap Pengembangan Karir Mahasiswa Ke Depan. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 68-75.

Khamalia, N. A. N., Yusuf, A., Zuhroh, N. E., & Jannah, R. R. (2023). Pengaruh Pendidikan Soft Skills terhadap Jenjang Karir Mahasiswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2386-2394.

Khoirunnisa, E., & Habibah, E. (2020). Profil keterampilan abad 21 (21st century soft skills) pada mahasiswa. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2(2), 55-68

Podungge, R., Bokingo, A. H., & Hilala, E. (2023). Peran Self Efficacy, Soft Skill, Dan Hard Skill Terhadap Peningkatan Kesiapan Kerja Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 224-232


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.