PKM Penyuluhan Gizi Seimbang Bagi Guru-Guru untuk Mencegah Gizi Kurang dan Gizi Lebih pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Mare Kabupaten Bone

Muliadi Muliadi(1*), Sitti Jauhar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i1.61688

Abstract


Abstrak. Kegiatan PKM pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk membantu mitra mencegah atau mengatasi masalah Gizi kurang dan Gizi lebih pada siswa SD Inpres 3/77 Tellongeng kecamatan Mare kabupaten Bone. Ada beberapa kendala yang dihadapi mitra terhadap masalah gizi siswa. Kendala-kendala tersebut diantaranya adalah kurangnya pemahaman dan kepedulian untuk memberikan pengetahuan tentang Gizi seimbang bagi siswanya, kurangnya pemahaman guru terhadap akaibat gizi kurang atau gizi lebih pada siswa, serta upaya pencegahan dan perbaikan gizi bagi siswa yang mengalami gizi kurang maupun gizi lebih. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang gizi seimbang bagi guru untuk mencegah gizi kurang dan gizi lebih terhadap siswa. Manfaat kegiatan ini, bermanfaat kepada semua siswa agar mengetahui pentingnya gizi seimbang, akibat yang ditimbulkan jika terjadi gizi kurang atau gizi lebih, serta upaya pencegahannya. Bagi guru bermanfaat di jadikan indikator kesehatan siswanya. Tahap kegiatan PKM ini  dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu; Tahap pertama memberikan pengetahuan/pemahaman tentang konsepGizi seimbang, tujuan dan manfaat Gizi bagi manusia dan lebih khusus bagi siswa SD (masa pertumbuhan dan perkembangan). Kemudian tahap kegiatan kedua dilaksanakan dengan metode pendampingan yaitu Diskusi, demonstrsi, dan tugas gizi seimbangpada siswa SD, Tahap ketiga adalah Presentasi dan melakukan evaluasi pada peserta pelatihan dalam mengimplementasikan gizi seimbang bagi siswa SD.

 

Kata Kunci: Penyuluhan, Gizi Seimbang, Gizi Kurang, Gizi Lebih


Full Text:

PDF

References


Ariani, Ayu Putri. 2017. Ilmu Gizi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2010. Riset Kesehatan Dasar(RISKESDAS)2010. Jakarta: Kemenkes RI.

Jauhari, A. 2015. Dasar-dasar Ilmu Gizi. Yogyakarta : Jaya Ilmu.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Umum Gizi Seimbang 2014. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI. 2013.Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Soetjiningsih. 2014. Tumbuh Kembang Anak.Jakarta : EGC.

Sulistyoningsih, H, 2012. Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Thamaria Netty. 2017. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan.

Tri Haryanti. 2010. Status Gizi Kelas IV, V dan VI di SD Negeri 2 Sadang Kulon Sadang Kebumen Tahun 2009/20010. Yogyakarta: Skripsi FIK UNY.

Yulni, Hadju, V., Virani, D. 2013. Hubungan Asupan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kota Makassar Tahun 2013. Program Studi Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.