PKM Pelatihan Mengukur Intensitas Latihan Saat Berolahraga Pada Atlet Petanque Kabupaten Polewali Mandar

Benny Badaru(1*), Hasbunallah AS(2), Ilham Azis(3), Juhanis Juhanis(4), M. Imran Hasanuddin(5), Muhammad Qasash Hasyim(6), Rivan Saghita Pratama(7), Ikadarny Ikadarny(8), Retno Farhana Nurulita(9),

(1) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(6) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(7) Pendidikan Kepelatihan Olaharaga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(8) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(9) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40872

Abstract


Abstrak. Masalah pengabdian kepada masyarakat ini, adalah sebagai berikut: Pengetahuan dan pemahaman tentang intensitas latihan yang dilakukan pada saat berolahraga belum terlalu dipahami oleh para atlet petanque Kabupaten Polewali Mandar. Kebanyakan hanya mengetahui berolahraga saja tanpa mengetahui cara pengukuran sesuai dengan normanya. Oleh karena itu, melalui pelatihan dan penyuluhan ini dapat memberikan gambaran serta pengetahuan tentang cara pengukuran intensitas latihan yang benar. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan utamanya yaitu untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan materi cara mengukur intensitas latihan dalam berolahraga sehingga tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui 2 kegiatan. Kegiatan yang pertama adalah metode pemaparan materi dan diskusi, serta kegiatan kedua pelaksanaan praktik latihan fisik.Berdasarkan hasil kegiatan lanjutan pelatihan ini, menunjukkan bahwa apa yang diajukan dalam perumusan masalah dapat terlaksana dengan baik dan terarah. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat pengukuran intensitas dalam berolahraga pada atlet petanque kabupaten Polewali Mandar tergolong dalam kategori baik dan menunjukkan keberhasilan dengan hadirnya semua peserta menghadiri kegiatan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari antusiasnya mitra pengabdian dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut baik kegiatan dalam pemberian materi teori maupun praktik. Para peserta juga memperlihatkan antusiasnya ketika mereka melakukan praktik latihan fisik. Dari hasil analisis data diperoleh sebanyak sebanyak 4 sampel atau 31 % menyatakan sangat baik. Terdapat sebanyak 8 sampel atau 62 % yang menyatakan baik, dan Terdapat sebanyak 1 sampel atau 7% masuk kategori cukup. Hal ini menunjukan adanya timbal balik yang baik dalam pelaksanaan kegiatan pngabdian masyarakat ini.

 

Kata kunci: Mengukur intensitas latihan, olahraga dan petanque


Full Text:

PDF

References


Agus, A. (2012). Olahraga Kebugaran Jasmani.

Boleng, L. M., & Arif, Y. (n.d.). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN FISIK ATLET ATLETIK PADA SMA KEBERBAKATAN PROPINSI NTT.

Daulay, D. E., & Nasution, A. F. (2021). Sosialisasi Kegiatan Pentingnya Kesehatan Olahraga Dalam Menunjang Kegiatan Proses Belajar Dilingkungan Sekolah Smp Asy-Syafiya’iyah Internasional Medan 2021. J-LAS (Journal Liaison Academia and Society), 1(1), 23–28.

Giriwijoyo, S., Ray, H. R. D., & Sidik, D. Z. (2020). Kesehatan, Olahraga, dan Kinerja. Bumi Medika.

Juhanis, B, B., & Nur, M. (2017). Pelatihan Teknik Dasar dan Sosialisasi Peraturan Permaian Olahraga Petanque pada Mahasiswa FIK UNM Makassar. Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 1(1), 137–141. http://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/7816

Millah, H., Sudjarwo, I., & Subekti, N. (2018). Sosialisasi Aturan Berolahraga Yang Benar Sesuai Dengan Rumus “ TKPE ” ( Upaya Meningkatkan SDM Guru Olahraga SMA dan SMP di Lingkungan MGMP Kota Tasikmalaya ). Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(2), 157–160.

Sudibjo, P., Apriyanto, K., & Suharjana. (2018). Aerobic Based Activity Programs in Elderly To Improve Fitness and Quality of Anthropometry. Medikora, 17(2), 145–156.


Article Metrics

Abstract view : 188 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.