PKM Peningkatan Pemahaman Dosen mengenai Hak Kekayaan Intelektual melalui IP-Training (Intellectual Property Training)

Nurul Mukhlisah Abdal(1*), Bakhrani A. Rauf(2), Yusri Yusri(3), Mantasiah R.(4), Hasmawati Hasmawati(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40326

Abstract


Abstrak.  Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dosen mengenai hak kekayaan intelektual serta meningkatkan minat dosen dalam mendaftarkan produk penelitiannya untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual. Peserta dalam kegiatan ini ialah dosen Universitas Negeri Makassar yang juga berperan sebagai peneliti dan pengabdi. Pelatihan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Metode pelatihan yang digunakan terdiri atas diskusi, ceramah, simulasi, dan tanya jawab. Bentuk evaluasi pelatihan yang digunakan terdiri atas evaluasi peningkatan pemahaman peserta dan evaluasi kepuasan peserta terhadap pelatihan yang diberikan. Data hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai hak kekayaan intelektual khususnya mengenai hak cipta, paten, dan merk. Selain itu, seluruh peserta memiliki respon positif atas pelatihan yang diberikan, peserta menganggap bahwa materi yang diberikan sangat bermanfaat untuk menunjang kinerja dan karir sebagai dosen atau peneliti di perguruan tinggi.

Kata Kunci: Hak Kekayaan Intelektual, Dosen, Produk Penelitian, IP-Training


Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2002). Pemanfaatan Dan Pengelolaan Hak Atas Kekayaan Intelektual Sebagai Strategi Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(29), 43-51.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Mashdurohatun, A., & Mansyur, M. A. (2015). Identifikasi Fair Use/Fair Dealing Hak Cipta Atas Buku Dalam Pengembangan Iptek Pada Pendidikan Tinggi Di Jawa Tengah. Yustisia Jurnal Hukum, 4(3), 522-540.

Rakayana, W. (2016). Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Penerapan Sistem E-Filing terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).

Saripah, S., Putri, A. A., & Darwin, R. (2016). Pengaruh

kepercayaan, persepsi kebermanfaatan, persepsi risiko dan kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filling bagi wajib pajak orang pribadi di KPP pratama Pekanbaru tampan tahun 2015. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 6(2), 134-149.

Sarworini, F. (2007). Hubungan Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karanganyar (Doctoral dissertation, Faculty Of Social and Political Science).

Shidik, M. A. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Man Baraka. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91-98.


Article Metrics

Abstract view : 229 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.