Pemanfaatan Podcast dan Peta Fotografi Filosofi Makna Objek sebagai Upaya Peningkatan Baca Tulis Anak-Anak

Suryani Magfira(1*), Ruliana Novita Sapan(2), Andi Nurul Fitriyani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i1.23638

Abstract


Abstrak. Tingkat literasi masyarakat dalam suatu bangsa tentunya memiliki hubungan yang vertikal terhadap kualitas bangsanya itu sendiri. Tetapi tidak semua masyarakat Indonesia yang memiliki kesempatan untuk belajar atau berliterasi. Seperti anak-anak yang bermukin di TPA, mereka hanya dapat terkurung di balik dinding sampah yang sudah menumpuk bahkan menggunung, yang mereka tahu hanya bermain, membantu bekerja petugas TPA dan diberi uang sehingga waktu belajar bahkan tidak ada kecuali hanya waktu bersekolah. Tujuan kegiatan ini ialah untuk membangkitkan semangat literasi, daya baca-tulis anak-anak, melatih untuk terampil percaya diri berbicara di depan umum, membangun karakter untuk dapat berpikir kritis, dan mengenalkan seni fotografi. Untuk mencapai tujuan tersebut adapun tahapan-tahapan yang dilakukan yaitu, (1) Observasi; (2) Rencana Pelaksanaan Pelatihan; (3) Pengaplikasian Rencana Pelaksanaan; dan (4) Evaluasi serta Tahap Akhir. Pada akhir kegiatan diperoleh hasil: (1) sebanyak 11 anak-anak telah mengalami peningkatan dari segi literasi membaca; (2) adanya peningkatan dari segi kerapian tulisan, seperti telah membentuk lebih dari satu kalimat, mematuhi aturan kaidah kebahasaan, tanda baca, dan keindahan tulisan; (3) dipublikasikannya Poodcast melalui aplikasi sosial media yaitu spotify yang terdiri dari 4 episode dan (5) dihasilkannya  Peta Fotografi Filosofi Makna Objek juga merupakan hasil karya anak-anak, berisi berbagai objek gambar yang telah difoto oleh anak-anak di sekitar lingkungan TPA.

 

Kata Kunci: Podcast, fotografi, literasi, anak-anak.


Full Text:

PDF

References


Irianto, Putri Oviolanda dan Lifia Yola Febrianti. 2017. “Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi Mea.” Jurnal Unissula. 1(1), 640-647.

Kriyantono, Rakhmat. (2008). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kinasih, Afusa Nidya. (2021). Literasi Visual Sebagai Konstruksi Sosial Pada Fotografi. Disertasi. Program Penciptaan dan Pengkajian Pascasarjana Institut Seni Indonesia. Yogyakarta.

Prihatsanti, Unika, Suryanto, dan Wiwin Hendriyani. (2018). “Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi.” Jurnal Buletin Psikologi. 26 (2), 126-136.

Suragangga I Made Ngurah. 2017. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu. 3 (2), 154-163.

Warshina, Jaka. 2016. “Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik).” Jurnal Kwangsan. 4 (2), 67-80.


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.