Lorong Bermoral: Pelatihan Pembuatan Mural Dinding Edukasi Sebagai Upaya Produktifisasi Waktu Luang Anak Lorong Makassar Selama Pandemi

Islamiyah Sulaeman(1*), Aulia Nurul Ahlan(2), Ummu Sulaimah Saleh(3), Faiz Kurnia Akbar(4), Mantasiah R.(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i1.23179

Abstract


Abstrak. Tindakan vandalisme telah menjamur hampir di seluruh kawasan urban di kota Makassar, khususnya anak lorong Makassar, dimana sebagian besar tindakan ini dilakukan oleh muda-mudi yang kehabisan cara mengisi waktu luang selama pandemi berlangsung. Tindakan ini tidak hanya berdampak pada rusaknya estetika lingkungan, tetapi juga berdampak pada perilaku moral masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu, disusunlah program Lorong Bermoral sebagai upaya pencegahan dan penanganan tindakan vandalisme yang kian marak, untuk memenuhi kebutuhan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat agar mampu berkreasi dan produktif mengisi waktu luang mereka melalui karya seni mural dinding edukasi. Kegiatan pengabdian ini tidak hanya mendidik masyarakat untuk mengjauhi tindakan vandalisme dan mengendalikan waktu luang, tetapi juga mengasah potensi dan bakat seni masyarakat yang secara lebih lanjut dapat dikembangkan. Secara umum, kegiatan ini terdiri atas 3 tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pendampingan dan evaluasi. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yakni, 1) Masyarakat telah memahami segala bentuk, faktor dan dampak tindakan vandalisme; 2) Masyarakat telah mengetahui strategi mengelola waktu luang selama pandemi; 3) Masyarakat telah mendapatkan ilmu dan praktik pembuatan seni mural dinding edukasi; 4) Masyarakat mengalami perubahan pemahaman dan perilaku pasca pelatihan.

 

Kata Kunci: Vandalime, Mural Edukasi, Anak Lorong, Bermoral


Full Text:

PDF

References


Husin, M. R., Sufizi, N. A. N., Nasarudin, N. F. N., Yuslam, A. U., Zainal, S. A., Aspanizam, A. A., ... & Aini, M. H. M. (2020). Faktor Utama Vandalisme dalam Kalangan Pelajar di Sekolah. Journal of Humanities and Social Sciences, 2(2), 52-61.

Imaningtyas, I., Atmoko, A., & Triyono, T. (2017). Pengekspresian Jatuh Cinta Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Media Tulisan: Kreativitas atau Vandalisme?. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(4), 165-178.

Khusnul, E. K. 2019. Grafitti dan Mural Untuk Mereduksi Tingkat Stress Pada Komunitas Purbalingga Street Art (PUSAR). Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Luciaga, T. D. (2018). GAMBARAN PERILAKU VANDALISME SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Musafir, M., Binasar, S. S., & Aspin, A. (2019). LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGURANGI PERILAKU VANDALISME SISWA SMP NEGERI 7 BAUBAU. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan dan Konseling, 2(2).

Ramadani, F. R., & Sabiruddin, H. 2018. Peran Sosial Dalam Seni Mural di Kota Samarinda. E-Jurnal Ilmu Komunikasi UNMUL, 6(1), 621-632.

R, Ida Yeni. Safriani, A. F. Dyan, F. Z. 2009. Seni Mural Sebagai Media Pendidikan Guna Mencegah Vandalisme di SMA NEGERI 5 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 4(1), 71-80.

Sholihatin, E., Kusumastuti, E., & Hayati, K. (2019). Pencegahan Sikap Vandalisme Pada Siswa SLTA Di Kota Surabaya Melalui Literasi Digital. JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 2(1).

Yanti, R., Arifyanto, A. T., & Rudin, A. (2020). Faktor-faktor Penyebab Vandalisme Siswa dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan dan Konseling, 4(1), 69-76.


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.