PKM Pelatihan Pengelolaan Jurnal dalam Lingkup Universitas Negeri Makassar

Hasmawati Hasmawati(1*), Nurul Mukhlisah Abdal(2), Muh. Ilham Bakhtiar(3), Muh. Anwar(4), Yusri Yusri(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) STKIP Andi Mattappa
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Fajar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.16207

Abstract


Tujuan dari pelatihan ini ialah untuk meningkatkan  pemahaman pengelola jurnal terkait cara mengelola jurnal khususnya terkait indeksasi nasional dan internasional, serta meningkatkan kemampuan (skill) pengelola jurnal terkait cara mengelola jurnal khususnya terkait indeksasi nasional dan internasional. Berdasarkan hasil analisis respon peserta pelatihan, dapat disimpulkan bahwa pelatihan pengelolaan jurnal ilmiah yang dilakukan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah dalam lingkup Universitas Negeri Makassar. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif secara langsung pada peningkatan akreditasi jurnal ilmiah tersebut. Selain itu, berdasarkan respon peserta selama pelatihan dan pendampingan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pengelola jurnal ilmiah merupakan salah satu kompenen dasar yang sangat mempengaruhi kualitas jurnal yang diterbitkan. Pengelola jurnal yang tidak dibekali dengan kemampuan pengelolaan jurnal yang baik tentunya tidak akan mampu melakukan proses manajemen jurnal yang baik.


Full Text:

PDF

References


Nashihuddin, W. (2020). Mediatisasi Kebijakan Penerbitan E-Journal dengan Open Journal System di Indonesia. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), 1-18.

Suryaningsum, S. (2020). STRATEGI UNIVERSITAS MERAIH NILAI TINGGI UNTUK JURNAL TERAKREDITASI DALAM SINTA. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 4(1), 73-79.

Sudiar, N., & Latiar, H. (2020). Indeksasi Jurnal di Lingkungan Universitas Lancang Kuning. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 6(1), 37-46.


Article Metrics

Abstract view : 348 times | PDF view : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.