Pengajaran Pengucapan Vowel Bahasa Inggris kepada Siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa

Mardiyanah Nasta(1*), Nur Fitri S(2), Lely Novia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15733

Abstract


Perbedaan yang terdapat dalam dua bahasa yang berbeda, dalam hal ini pengucapan, dapat menjadi kendala dalam komunikasi. Seorang penutur bisa menyebabkan kesalahpaham ketika salah menuturkan sebuah kata dalam bahasa asing. Bahasa Inggris memiliki jumlah dan jenis bunyi yang sangat berbeda dengan jumlah bunyi pada bahasa Indonesia. Selain itu, satu huruf pada kata yang berbeda bisa mewakili bunyi yang berbeda. Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada siswa tentang English vowels agar dapat memperbaiki pengucapan kata bahasa Inggris agar bisa bisa lebih baik dan benar. Pelatihan ini dilakukan secara daring melalui media Zoom karena sedang dalam masa pandemi dengan menggunakan dua metode pendekatan, yaitu pengajaran dan pemberian latihan. Walau tidak 100% mitra berhasil menghasilkan pengucapan yang tepat, tapi peningkatan bisa terlihat pada pengucapan mitra. Mitra memiliki sikap positif selama kegiatan dengan ikut aktif berpartisipasi dalam latihan yang diberikan, dan juga kepuasan mitra selama kegiatan diperoleh dari data hasil survey yang diberikan oleh tim pengabdi. Adapun kendala yang ditemui selama kegiatan adalah karena kurangnya kepercayaan diri mitra, serta adanya pengaruh dari bahasa ibu mitra.

Full Text:

PDF

References


----. (2005). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford: Oxford University Press.

Baker, Ann. (2007). Pronunciation Pairs Second Edition. UK: Cambridge University Press.

Katamba, Francis. (1996). Introduction to Phonology Francis. New York: Addison Wesley Longman Publishing.

Kelly, Gerald. (2000). How to Teach Pronunciation. Pearson Education Limited.

MacMahon. (2002). An Introduction to English Phonology. Edinburgh University Press.


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.