PKM Pelatihan Pengembangan Instrumen Tes Bagi Guru SDN Wilayah II Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru

Kamaruddin Kamaruddin(1*), Rasmi Djabba(2), Fajar Fajar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15727

Abstract


Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah guru SDN Wilayah II Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Masalahnya adalah: (1) guru lebih suka mengembangkan soal essay karena lebih mudah dibuat dibanding pilihan ganda, (2) masih ada guru yang belum mengetahui cara membuat rubrik penskoran untuk soal essay (3) instrumen tes yang dikembangkan untuk ujian, baik itu ujian mid semester, ujian akhir semester, dan ujian akhir sekolah hanya sampai sebatas validasi isi, tidak sampai pada uji coba dan mengukur validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh. Sasaran eksternal adalah instrumen tes pilihan ganda dan tes essay dengan rubrik penskoran. Metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra dapat mengembangkan tes pilihan ganda, (2) mitra dapat mengembangkan tes essay dengan rubrik penskoran, dan (3) mitra mengetahui analisis butir soal untuk membuat tes yang baku.

Full Text:

PDF

References


Aldahmash, A. H. & Alshaya, F. S. (2012). Secondary School Students' Alternative Conceptions about Genetics. Electronic Journal of Science Education, 16 (1), 1-21.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley E. L. (1999). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Phys. Educ., 34 (5), 294 – 299.

Kaur, G. (2013). A Review of Selected Literature on Causative Agents and Identification Strategies of Students’ Misconceptions. Educationia, 2 (11), 79-94.

Kemdikbud. (2020). Data Referensi Pendidikan (Online).(https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=190600&level=2, diakses 2 Februari 2020).

Murni, D. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Konsep Substansi Genetika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung (205-211). Lampung: Universitas Lampung.

Treagust, D. F. (2006). Diagnostic Assessment in Science as A Means to Improving Teaching, Learning and Retention. UniServe Science Assessment Symposium Proceedings (1-9). Australia: Science and Mathematics Education Centre Curtin University of Technology.

Wirawan. (2016). Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.