Sosialisai Penelitian Tindakan Kelas Dalam Proses Persiapan Penyelesaian Studi Di Era Pandemik Covid-19
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15723
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu penelitian praktis yang di tujukan untuk memperbaiki system pembelajaran baik di dalam kelas maupun di lapangan. Penelitian ini adalah upaya mahasiswa dalam merancang sebuah kegiatan pembelajaran baik untuk memperbaiki sebuah system pembelajaran maupun meningkatkan kualitas kualitas pembalajaran di dalam kelas maupun dilapangan. Masalahnya adalah dalam dunia pendidikan terkhusus bagi mahasiswa proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas masih sangat jarang di laksanakan karena kurang pahamnya mahasiswa tentang pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Beberapa upaya dilaksanakan agar para mahasiswa dapat memahami proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan tanya jawab yang dilaksanakan selama 1 hari kegiatan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mampu memberikan informasi terbaru dalam penulisan karya tulis penelitian tindakan kelas. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas, (2) mitra memiliki kemampuan untuk merancang penelitian tindakan kelas.
Full Text:
PDFReferences
Burns, Robert B. (1991). Introduction to Research Methods in Education.
Wardhani, IGAK. dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Article Metrics
Abstract view : 148 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.