Sosialisai Penelitian Tindakan Kelas Dalam Proses Persiapan Penyelesaian Studi Di Era Pandemik Covid-19

Irvan Irvan(1*), M. Racmat Kasmad(2), Sufitriyono Sufitriyono(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15723

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu penelitian praktis yang di tujukan untuk memperbaiki system pembelajaran baik di dalam kelas maupun di lapangan. Penelitian ini adalah upaya mahasiswa dalam merancang sebuah kegiatan pembelajaran baik untuk memperbaiki sebuah system pembelajaran maupun meningkatkan kualitas kualitas pembalajaran di dalam kelas maupun dilapangan. Masalahnya adalah dalam dunia pendidikan terkhusus bagi mahasiswa proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas masih sangat jarang di laksanakan karena kurang pahamnya mahasiswa tentang pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Beberapa upaya dilaksanakan agar para mahasiswa dapat memahami proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan tanya jawab yang dilaksanakan selama 1 hari kegiatan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mampu memberikan informasi terbaru dalam penulisan karya tulis penelitian tindakan kelas.  Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas, (2) mitra memiliki kemampuan untuk merancang penelitian tindakan kelas.

Full Text:

PDF

References


Burns, Robert B. (1991). Introduction to Research Methods in Education.

Wardhani, IGAK. dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.