Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Laboratorium IPA Kampus V Parepare UNM

Ila Israwaty(1*), Musfirah Musfirah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15718

Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Asisten Laboratorium IPA Kampus V Parepare Universitas Negeri Makassar. Masalahnya adalah: (1) Asisten laboratorium memerlukan tambahan pengetahuan tentang keselamatan bekerja dan pertolongan pertama terhadap kecelakaan dalam bekerja, (2) Asisten laboratorium memerlukan tambahan pengetahuan tentang penggunaan bahan kimia yang ramah terhadap lingkungan dan bagaimana memilih bahan kimia yang aman terhadap lingkungan, (3) Asisten laboratorium memerlukan tambahan pengetahuan tentang bagaimana mengelola limbah yang dihasilkan selama kegiatan praktikum berlangsung, dan (4) Asisten laboratorium memerlukan tambahan pengetahuan tentang bagaimana menggunakan bahan kimia berbahaya dan beracun serta cara memindahkan dan menyimpan bahan kimia tersebut. Metode yang digunakan adalah: pemberian materi da praktek. Hasil yang dicapai adalah: (1) Asisten laboratorium memperoleh tambahan pengetahuan tentang keselamatan bekerja dan pertolongan pertama terhadap kecelakaan dalam bekerja, (2) Asisten laboratorium memperoleh tambahan pengetahuan tentang penggunaan bahan kimia yang ramah terhadap lingkungan dan bagaimana memilih bahan kimia yang aman terhadap lingkungan, (3) Asisten laboratorium memperoleh tambahan pengetahuan tentang bagaimana mengelola limbah yang dihasilkan selama kegiatan praktikum berlangsung, dan (4) Asisten laboratorium memperoleh tambahan pengetahuan tentang bagaimana menggunakan bahan kimia berbahaya dan beracun serta cara memindahkan dan menyimpan bahan kimia tersebut.

Full Text:

PDF

References


DEPDIKBUD. (1979). Pengelolaan Laboratorium Sekolah dan Manual Alat IPA. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Indrayani & Sulianti, I. (2014). Kajian Penerpan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam Proses Belajar Mengajar di Bengkel dan Laboratorium Politeknik Negeri Sriwijaya. PILAR. Jurnal Teknik Sipil, Volume 10. No. 1. 27-36.

Sangi, M. & Tanauma, A. (2018). Keselamatan dan Keamanan Laboratorium IPA. Jurnal Mipa Universitas Sam Ratulangi Online 7 (1). 20-24.


Article Metrics

Abstract view : 1310 times | PDF view : 707 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.