Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Melalui Model Problem Based Learning (PBL)

Kessy Masita(1*), Fahdian Rahmandani(2), Teguh Santosa(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v8i1.52127

Abstract


Rendahnya antusias dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran akibat metodologi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang cenderung membosankan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran khususnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 8 Malang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Persentase hasil belajar pada pra siklus hanya sebesar 44,4% (16 siswa), dan pada siklus I sebesar 77,8% (28 siswa). Pada siklus II persentase hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,1% (31 siswa). Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Pendidikan Pancasila, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Akbar. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan, 5(1), 2442–7667.

Arikunto, S., Suhardjono, & S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Armanta, A.Y., Mustaji, & S. (2019). The Influence of the Problem Based Learning and Attitudes towards Learning Outcomes For Mathematics. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 2599–2139.

Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Daulae, T. H. (2019). Langkah - Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Forum Pedagogik, 10 (1), 2721–8414.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1).

Hakim, H. L. (2019). Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Calon Pemimpin di Era Global. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 1(2), 1173–1192.

Hardiyanti, C.H.Wardani, S.,& Nurhayati, S. (2017). Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1), 1862–1671.

Hidayat, R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Tarbiyah Darussalam, 6(2), 2581–2106.

Idrus, Muhammad, Hamuni & Reni, W. O. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif: Sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Kemmis, S., & Taggart, M. (2002). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16.

Octariana, A. (2019). Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan IPS, 2(3), 2615–4927.

Panuluh, D.K.D. Setyowati, N.R., Amilin, F., & Rini, S. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 SMAN 1 Babat. Journal on Education, 6(1), 2654–5497.

Ramadhan, S. (2019). Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 7 Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.

Rizqiyani, EYI., Dewi, R.S., & Legiani, W. H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Civic Knowledge. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2723–2328.

Sanjaya, W. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Sudjana, N. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumartini, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2086–4280.

Syamsidah & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL): Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kessy Masita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : [email protected]

Contak HP: 085299149118 

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats