Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Melalui Model Problem Based Learning (PBL)
(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v8i1.52127
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Akbar. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan, 5(1), 2442–7667.
Arikunto, S., Suhardjono, & S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Armanta, A.Y., Mustaji, & S. (2019). The Influence of the Problem Based Learning and Attitudes towards Learning Outcomes For Mathematics. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 2599–2139.
Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Daulae, T. H. (2019). Langkah - Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Forum Pedagogik, 10 (1), 2721–8414.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1).
Hakim, H. L. (2019). Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Calon Pemimpin di Era Global. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 1(2), 1173–1192.
Hardiyanti, C.H.Wardani, S.,& Nurhayati, S. (2017). Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1), 1862–1671.
Hidayat, R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Tarbiyah Darussalam, 6(2), 2581–2106.
Idrus, Muhammad, Hamuni & Reni, W. O. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif: Sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Kemmis, S., & Taggart, M. (2002). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16.
Octariana, A. (2019). Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan IPS, 2(3), 2615–4927.
Panuluh, D.K.D. Setyowati, N.R., Amilin, F., & Rini, S. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 SMAN 1 Babat. Journal on Education, 6(1), 2654–5497.
Ramadhan, S. (2019). Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 7 Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.
Rizqiyani, EYI., Dewi, R.S., & Legiani, W. H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Civic Knowledge. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2723–2328.
Sanjaya, W. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumartini, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2086–4280.
Syamsidah & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL): Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.
Article Metrics
Abstract view : 49 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kessy Masita
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : [email protected]
Contak HP: 085299149118
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)