Peran Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Permainan Fruits Monopoly pada Anak Usia Dini

Yenny Dwi Astutik(1), Ridwan Ridwan(2), Hanggara Budi Utomo(3*),

(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(3) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14330

Abstract


Kemampuan berhitung yang merupakan salah satu komponen dari kemampuan dalam bidang kognitif, merupakan hal yang penting untuk dikembangkan dalam diri anak. Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini dapat dilakukan melalui permainan. Hal ini akan lebih efektif karena dunia anak adalah dunia bermain, di mana permainan Fruits Monopoly adalah salah satunya.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji peran guru terhadap peningkatan kemampuan berhitung 1-10 melalui permainan fruits monopoly pada anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan dan penggalian data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa permainan fruits monopoly secara efektif mampu memberikan pengaruh pada kemampuan berhitung 1-10 pada anak usia dini, khususnya anak kelompok bermain. Permainan fruits monopoly menyebabkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan berpusat pada anak didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Melalui permainan ini, anak belajar untuk berhitung objek nyata yang anak sukai dalam atmosfer yang menyenangkan dan nyaman.

Keywords


kemampuan berhitung 1-10, permainan fruits monopoly, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Adriana, D. (2013). Tumbuh kembang & terapi bermain pada anak. Jakarta: Salemba Medika.

Agustiya, F., Ali, S., dan Sri, H. (2017). Influence of CTL model by using monopoly game media to the student’s motivation and science learning outcomes. Journal of Primary Education. 6(2). 114-119. doi: 10.15294/JPE.V6I2.17559

Creswell, J. W. (2010). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed, edisi ketiga. (Terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran permainan berhitung permulaan di taman kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khan, R.I., & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng. Universum, 10(1), 65-71.

Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Efective teaching. Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Musfiroh, T. (2008). Cerdas melalui bermain. Jakarta: Grassindo

Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2015). Metode pengembangan sosial emosional (Cet 7 Ed 1). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Noorlaila, I. (2010). Panduan lengkap mengajar paud. kreatif mendidik dan bermain bersama anak. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Siskawati, M., Pargito, dan Pujiati (2016). Pengembangan media pembelajaran monopoli untuk meningkatkan minat belajar geografi siswa. Jurnal Studi Sosial. 4(1), 72-80.

Subroto, A.G., Bekti, K., dan Djoko, L. (2016). Pemanfaatan media monopoli untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Florea. 3(2), 49-54.

Suitriani, W. (2016). Penerapan model pembelajaran make a match dan media monopoly games smart (mgs) pada materi sistem ekskresi manusia di MAN Meulaboh-1 Aceh Barat. (Skripsi). Universitas Islam negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Syaodih, E. (2005). Bimbingan di taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Tedjasaputra, M.S. (2001). Bermain, mainan dan permainan. Jakarta: PT. Grasindo.

Thiharso, A. (2013). Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: Andi Omset.

Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan media pembelajaran monopoli pada materi sistem pencernaan di SMP. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 10-22. doi: 10.19109/bioilmi.v5i1.3753.


Article Metrics

Abstract view : 429 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yenny Dwi Astutik, Ridwan Ridwan, Hanggara Budi Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats