RUNTUHNYA KERAJAAN ISLAM DI GRANADA 1492

Muhammad Ilham(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v3i2.7096

Abstract


Runtuhnya Kerajaan Islam di Granada diawali dengan terpecahnya Andalusia menjadi Muluk Ath-Thawaif, pertikaian antara Muluk At-Thawaif itu kemudian mengundang kedatangan dua dinasti dari Afrika Utara yaitu, Dinasti Murabithun dan Dinasti Muwahhidun. Kondisi Kerajaan Granada saat itu sangatlah rapuh ditengah perseteruan keluarga kerajaan yang ingin memperebutkan tahta, kemudian diperparah dengan bersatunya Kerajaan Castilla dan Aragon. Boabdil ketika itu melakukan pemberontakan kepada ayahnya dan sempat menaiki tahta Kerajaan Granada namun disaat melakukan pertempuran melawan pasukan Kerajaan Castilla, ia kemudian ditahan, ayahnya pun kembali naik tahta. Sepeninggal ayahnya Kerajaan Granada diserahkan kepada adiknya yakni Al-Zagal. Boabdil kemudian dilepas dari tahanan oleh Ferdinand dan Isabella agar menjadi pemecah belah dan mampu memuluskan langkahnya merebut Kerajaan Granada. Taktik  Penguasa Kristen pun berhasil, tidak lama setelah itu Boabdil dengan dibantu oleh Kerajaan Castilla menyerang Al-Zagal yang kemudian berhasil mereka kalahkan, Boabdil kemudian kembali naik tahta tetapi Kerajaan Castilla berusaha memastikan kekalahan Kerajaan Granada dengan menyerang dan mengepung seluruh wilayah Kerajaan Granada hingga pada tanggal 2 Januari 1492, Kerajaan Granada pun berhasil diruntuhkan. Penyeba bruntuhnya Granada ialah kehidupan para keluarga kerajaan yang gemar hidup bermewah-mewah sehingga menimbulkan rasa cinta pada dunia dan melupakan jihad, memudarnya peran ulama, serta kubangan maksiat yang kemudian mendatangkan murkanya Allah atas menjauhnya mereka dari Manhaj Rasulullah Shallallahu ‘alahiwasallam. Ketika runtuhnya Granada maka umat Islam ketika itu dihadapkan pada dua pilihan yaitu, masuk agama Kristen atau meninggalkan Granada. Kebanyakan umat Islam hijrah ke Afrika Utara dan Turki Ustmani namun tidak sedikit juga yang memilih untuk tetap menetap di Granada dengan konsekuensi mereka harus murtad. Mereka yang tidak murtad menjadi Kripto-Muslim atau mereka mengaku sebagai Kristen tetapi pada praktiknya mereka masih Islam. Akhirnya, dibentuklah Dewan Inkuisisi yang bertugas untuk mencari dan menghukum penduduk Granada yang masih mempertahankan keislamannya.


Full Text:

PDF

References


Ahmadin.2013. Sejarah Islam. Makassar: Rayhan Intermedia.

Al-Azizi, Abdul Syukur. 2014. Kitab Sejarah Peradaban Islam Terlengkap. Jogjakarta: Saufa.

Al-Faruqi, Ismail R. dan Lois Lamya. 2003. Atlas Budaya Islam. Bandung: Mizan.

Al-Jauziyyah , Ibnu Qayyim. 2013. Al-Jawabul Kafi. Pustaka: Al-Qowam.

Aminah. 2012. Dinasti Murabithun di Afrika Utara. Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

As-Sirjani, Raghib.2014. Bangkit dan Runtuhnya Andalusia. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

As-Sirjani, Raghib.2014. Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta:Pustaka Al-Kaustar.

Bokhari, Raana dan Mohammad Seddon. 2010. Ensiklopedia Islam. Jakarta: Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulawesi Selatan

Caroline dkk. 2015. Ensiklopedia Seni dan Arsitektur Islam. Jakarta: Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulawesi Selatan.

Erna, Mardiana . 2013. Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia. Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

Ernawati, Trisna. 2011. Disintegrasi Umat Islam: Study Tentang Keruntuhan Kekuasaan Islam di Andalusia. Skripsi. Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Harun, Lukman. 1985. Potret Dunia Islam. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hitti, Philip K. 2013.History Of The Arabs. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Ibrahim, Qasim A. dan Muhammad A. Saleh. 2014. Buku Pintar Sejarah Islam. Jakarta: Zaman.

Lapidus, Ira M. 2000. Sejarah Sosial Umat Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Majid,M.Saleh dan Abdul Rahman Hamid. 2008. Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Rayhan Intermedia.

Muntiasih. 2009. Kebijakan Politik Dinasti Al-Muwahhidun di Andalusia (1146-1228). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nicolle, David.2009. Jejak Sejarah Islam. Jakarta: Alita Aksara Media

Nicolle, David. 2009. Runtuhnya Islam Spanyol. Jakarta: KPG

Pranoto, Suhartono. W. 2010. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saiful. 2013. Kemajuan Peradaban Islam di Spanyol Pada Masa Muluk ATh-Thawaif. Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

Silalahi, Ulber.2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sjamsuddin, Helius.2012. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sunanto, Musyrifah. 2011. Sejarah Islam Klasik. Jakarta: Prenada Media.

Supriyad, Dedi.2008. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kaustar

Susmihara. 2012. Sejarah Peradaban Islam. Makassar: Alauddin UniversityTariq, Suwaidan. 2015. Al-Andalus, al-Tarikh al-Mushawwar. Jakarta: Zaman.

Tim Pengajar Jurusan Pendidikan Sejarah. Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Windayanti. 2012. Kontribusi Dinasti Bani Umayyah Terhadap Perkembangan Peradaban Islam di Spanyol. Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

Zidan, George.2014. Sang Penakluk Andalusia. Jakarta: Pustaka Al-Kaustar

Alkhateeb, Firas. 2013. Granada-The Last Muslim Kingdom of Spain (online). (http://LostIslamichistory.com. Diakses pada tanggal 17 agustus 2016)

Musa, Samir. 2013. Pelajaran dari runtuhnya Andalusia: Bermewah-mewahan, sumber kehancuran.(online). (http://www.Arrahmah.com. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2016.)

Redaksi Salam-Online. 2012. Istana Al-Hamra Warisan Kejayaan Islam Masa Silam (online). (http://salam-online.com. Diakses pada tanggal 15 September 2016)

Tanpa Nama. Islamic Spain and The Reconquista (online). (Http://www.explorethemed.com. Diakses pada tanggal 30 agustus 2016)

Tim Redaktur Muslimdayli. 2012. Jatuhnya Granada dan Awal Mula Penindasan Kristen Terhadap Umat Islam di Andalusia (online). (http://Muslimdayli.net. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2016)

W.S., Arief. 201


Article Metrics

Abstract view : 6951 times | PDF view : 305 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View