Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Sejarah Siswa SMAI Almaarif Singosari Malang

Nahdia Riza Sania(1*), Joko Sayono(2), Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v9i2.35703

Abstract


Tujuan ditulisnya artikel ini adalah untuk memaparkan pengaruh model flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMAI Almaarif Singosari Malang. Alasan penelitian ini dilaksanakan adalah bersumber pada permasalahan yang didapatkan ketika pengamatan awal, yaitu aspek berpikir siswa pada pembelajaran sejarah masih berada pada tingkat pengetahuan dan menghafal belum pada aspek berpikir kritis. Selama proses pembelajaran sejarah sebenarnya mengarahkan siswa untuk memaknai serta memahami peristiwa sejarah. Melalui hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan diterapkannya model flipped classroom pada pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang dipilih adalah metode kuantitatif jenis kuasi ekperimen dengan desain kelompok kontrol tidak setara. Teknik pengumpulan data memakai instrumen tes dengan bentuk soal pilihan ganda beralasan. Teknis analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitan menunjukkan bahwa peningkatan data nilai kelas eksperimen pada nilai pre-test ke nilai post-test yaitu meningkat sebesar 53,29 % dengan nilai gain 22,68. Berbeda dengan data nilai kelas eksperimen, data nilai kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 32,27 % pada nilai pre-test ke nilai post-test-nya dengan nilai gain 13,07. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil thitung 4,135 > ttabel 2,012 dengan sig. 0,000 < sig α 0,05. Melalui hal tersebut kesimpulan yang didapatkan adalah model flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Alfina, N. S., Harahap, M. S., & Elidra, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sma Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal MathEdu, 4(1).

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.

Cahyani, A., & Putri, S. O. (2019). Inovasi Pendidikan Melalui Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1).

Ennis, R. H. (1993). Critical Thinking Assessment. Theoty into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00405849309543594

Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1). https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4

Farhan, S., Akbar, N. R., & Andi. (2021). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial di Masa Pembelajaran Daring. Pattingalloang Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Penelitian Kesejarahan Strategi, 8(2).

Hodidjah, H. (2021). Hubungan Konseptual Dan Fungsional Antara Strategi, Metode Pembelajaran, Pendekatan , Dan Model Pembelajaran. Jurnal Perspektif, 13(2). https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i2.26

Irmanita, W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. EdArXiv. https://doi.org/https://doi.org/10.35542/osf.io/rgbx9

Kids, B. for. (2019). Framework for 21st century learning definitions. Partnership for 21st Century Learning.

Koretsky, M. D., Brooks, B. J., & Higgins, A. Z. (2016). Written justifications to multiple-choice concept questions during active learning in class. International Journal of Science Education, 38(11). https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1214303

Kusuma, S. P. (2020). Perspektif Pengajaran Sejarah di Indonesia. Jurnal Pattingalloang, 7(1). https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v7i1.13542

Larcara, M. (2015). Benefits of the flipped classroom model. In Curriculum Design and Classroom Management: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (Vol. 1). https://doi.org/10.4018/978-1-4666-8246-7.ch006

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, 3(2).

Murillo-Zamorano, L. R., López Sánchez, J. Á., & Godoy-Caballero, A. L. (2019). How the flipped classroom affects knowledge, skills, and engagement in higher education: Effects on students’ satisfaction. Computers and Education, 141. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103608

Nurnia, N., & Tasina, H. A. (2020). Critical Thinking of Field Independent Students; which Model of Teaching is more Supportive? JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2). https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.16018

Ozdamli, F., & Asiksoy, G. (2016). Flipped Classroom Approach. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 8(2). https://doi.org/10.18844/wjet.v8i2.640

Pujiartati, R., & Sariyatun. (2017). Dekonstruksi Nilai-Nilai Etika dan Moral dalam Serat Wedhatama sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional: Pemanfaatan Smartphone Untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat Dengan Smartphone.

Rahman, A. A., Aris, B., Mohammed, H., Zaid, N. M., & Abdullah, Z. (2014). Flipped Classroom dalam konteks Malaysia. Konvensyen Antarabangsa Jiwa Pendidik.

Sofya, R., Hayati, A. F., & Syofyan, R. (2020). Flippedped Learning as a Strategy to Improve Students Higher Order Thinking: (A Quasi Experiment). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.036

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strartegi Pembelajaran). In Yogyakarta : Aswaja Presisndo.

Suwarjo, S., Maryatun, I. B., & Kusumadewi, N. (2015). Penerapan Student Centered Approach pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Studi Kasus di Sekolah Laboratorium Rumah Citta). Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2924

Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Instrumen Integrated Science Test Tipe Pilihan Ganda Beralasan Untuk Mengukur HOTS Peserta Didik. Saintifika, 21(2).

Xiu, Y., & Thompson, P. (2020). Flipped university class: A study of motivation and learning. Journal of Information Technology Education: Research, 19, 41–63. https://doi.org/10.28945/4500

Yazidi, A. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (The Understanding Of Model Of Teaching In Curriculum 2013). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 4(1). https://doi.org/10.20527/jbsp.v4i1.3792

Yulietri, F., Mulyoto, & Agung, L. S. (2015). Model Flipped Classroom Dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau. Teknodika, 13(2).

ŽivkoviĿ, S. (2016). A Model of Critical Thinking as an Important Attribute for Success in the 21st Century. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.034


Article Metrics

Abstract view : 471 times | PDF view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View