Upaya Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Nurhayati Nurhayati(1*),

(1) Pengawas Sekolah Madya Kabupaten Takalar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v7i1.13540

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan tujuan yang akan di capai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengajar guru-guru sejarah dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model kooperatif tipe STAD. Pada kedua guru sejarah yang menjadi responden dalam penelitian ini mengikuti pembimbingan/ pembinaan tentang bagaimana strategi model-model pembelajaran kooperatif diterapkan kedalam RPP termasuk model kooperatif Tipe STAD, sekaligus mampu menerapkan dengan baik didalam Kelas.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan 2 kali pertemuan, yang dilakukan selama 2 bulan dan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Hasilnya peningkatan belajar peserta didik melalui model kooperatif tipe STAD ini adalah dilihat dari  1) Persepsi awal dan akhir siswa bahwa (a).  Pada guru yang mengajar dikelas X.I  yakni Ada perubahan sikap belajar siswa terhadap cara mengajar gururnya dari tidak senang sekitar 62,08 persen pada siklus I menjadi sangat senang sekitar 75,86 persen pada siklus II. Ada kenaikan sekitar 13,78 persen. (b). Pada guru yang mengajar dikelas XI.IPA.1 yakni Ada perubahan sikap belajar siswa terhadap cara mengajar gurunya dari tidak senang sekitar 52,77 persen pada sekitar 52,77 persen pada siklus I, menjadi sangat senang sekitar 75 persen pada siklus II, ada kenaikan sekitar 22,23 persen. 2) Kemampuan Mengajar Guru dimana (a). ada perubahan sikap dan cara mengajar guru dikelas X.I dari kategori kurang sekitar 29,5 pada siklus I, menjadi kategori baik sekitar 53,5 pada siklus II. Ada kenaikan skor sekitar 24. Dan (b)  ada perubahan sikap dan cara mengajar guru di kelas XI.IPA.1 dari kategori cukup sekitar 35,5 pada siklus I, menjadi kategori baik sekitar 62. Pada siklus II ada kenaikan skor sekitar 26,5.

Kata Kunci :  Peningkatan, Kemampuan Mengajar Guru Sejarah, model kooperatif tipe STAD.

 

Abstract

          This research is a classroom action research that aims at the objectives to be achieved in the implementation of this research is to determine the ability of teaching history teachers by using one of the learning models, namely the STAD cooperative model. The two history teachers who were respondents in this study followed the guidance / coaching on how the strategies of cooperative learning models were applied into the lesson plans, including the STAD Type cooperative model, as well as being able to apply well in the classroom.

          This research was conducted in two cycles, namely cycle I conducted 2 meetings and cycle II also held 2 meetings, conducted for 2 months and supplemented by summarizing all existing research results. The result is an increase in student learning through the STAD type cooperative model is seen from 1) the students' initial and final perceptions that (a). In teachers who teach in class X.I namely There is a change in student learning attitudes toward the way of teaching the teacher from not happy about 62.08 percent in the first cycle to very happy about 75.86 percent in the second cycle. There was an increase of around 13.78 percent. (b). In the teacher who teaches in class XI.IPA.1 ie There is a change in students' learning attitudes towards how to teach their teacher from not happy about 52.77 percent to about 52.77 percent in the first cycle, to be very happy about 75 percent in the second cycle, there was an increase around 22.23 percent. 2) Teachers' Ability to Teach where (a). there is a change in the attitudes and ways of teaching teachers in class X.I from the lack of about 29.5 in the first cycle, to a good category around 53.5 in the second cycle. There was an increase in scores of about 24. And (b) there was a change in attitude and way of teaching teachers in class XI.IPA.1 from enough categories around 35.5 in cycle I, to a good category of about 62. In cycle II there was an increase in scores of about 26, 5 In connection with the above results.

Keywords: Improvement, History Teacher Teaching Ability, STAD type cooperative model.


Full Text:

PDF

References


Armai arief, 2007, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) PT.Bumi Aksara Jakarta.

Anonim, 2006. Standar Isi KTSP Tahun2006 Mata Pelajaran Sejarah untuk SMA/MA, BSNP,Jakarta

Anonim, 2007, Permendiknas RI No. 41, Tahun 2007 Tentang Standar Proses BSNP, Jakarta

Asri Budiningsih, 2005. Belajar Dan Pembelajaran. PT. RINEKA CIPTA, Jakarta

Arikunto, Suharsini, 2005. Materi Penelitian Tindakan Kelas (C.A.R) Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah, Direktora tenaga Kependidikan, Jakarta

L.P.M.P Makassar 2005, Model- Model Pembelajaran Inovatif, Pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi, Se-Sul-Bar, Kopain Makassar

Maesuri, 2002. Apa yang Sungguh baru dalam perangkat pembelajaran berbasis C.R.L,………….., Makalah UNESA.

Suradi, 2005. Interaksi siswa dalam pembelajaran disertai PPS UNESA Surabaya.

Suradi. MS,Dkk 2006. Model pembelajaran kooperatif, apa, mengapa dan bagaimana, LPMP Provinsi Sulawesi Selatan

Slavin, Robert 1995. Cooperative Learning Theory Research dan Prctice, Frouth Edition,Bostan; Allyn and Bacon.

Sugiyono, 2007 Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan metode R&D. CV. Alfabeta Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 181 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View