Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur

Bunga Oktaveanry Nagara(1*), Lelly Qodariah(2), Jumardi Jumardi(3),

(1) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(2) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(3) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v7i1.13292

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas instrumen menggunakan korelasi biserial dengan 25 butir soal pilihan ganda dengan 15 butir soal valid an 10 butir soal yang tidak valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran talking stick lebih tinggi daripada hasil belajar yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional, dari analisis data diperoleh rata-rata kelas eksperimen 87,16 dan kelas kontrol 66,85, (2) hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu  2,107>2,002 pada taraf signifikan α=0,05. Hal tersebut berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur.

Kata kunci: model pembelajaran talking stick, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to determine the effect of the talking stick learning model on student learning outcomes in class X history subjects at the SMK Grafika Foundation for Literature.  The research method used was an experimental quantitative research method.  The sample used in this study is class XA as an experimental class and class XB as a control class. In the validity test the instrument uses biserial correlation with 25 multiple choice questions with 15 valid items and 10 invalid items.  Data analysis techniques used were normality test, homogeneity test and hypothesis testing using t test. The results showed that: (1) there were differences in learning outcomes that were treated using the talking stick learning model higher than learning outcomes that were treated using conventional learning models, from the analysis of the data obtained an experimental class average of 87.16 and a control class 66,  85, (2) the results of testing the hypothesis obtained tcount> ttable is 2.107> 2.002 at a significant level α = 0.05.  This means that the hypothesis in this study can be accepted and it is stated that there is an effect of the talking stick learning model on student learning outcomes in class X history subjects at SMK Grafika Literature Foundation. The conclusion that there is an influence of the talking stick learning model on student learning outcomes in classs X history subjects at SMK Grafika Literature Foundation.

Keywords: talking stick learning model, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Agung, L., Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Amir, A. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick. Jurnal Logaritma, 4(1), 1-16.

Arianto, A., Iriani, T., Arthur, R. (2019). Hubungan Komunikasi Instruksional Dengan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Di Smk Negeri 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 8(1), 31-39.

Creswell, J. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Distya, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII SMP N 1 Kandeman

Hanafy, M.S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 17(1), 66-79.

Harapah, H.H., Panjaitan, A.M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa Di Smp Negeri 11 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 4(1), 10-18.

Hartanto, S., Sriyani. (2016). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Batam. Jurnal Pythagoras, 5(1), 12-19.

Imanita, M. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 45-54.

Jamiah, R., Surya, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Metode Math Magic Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasa Kubus Dan Balok Di Kelas V Sd Negeri 200211 Padang Sidimpuan. Jurnal Axiom, 5(2), 244-255.

Jumardi. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 1-12.

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Jurnal Dinamika Ilmu, 13(3), 17-38.

Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Lefudin. (2017). Belajar dan pembelajaran dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Lidia, W., Hairunisya, N., Sujai, I.S. (2018). Pengaruh model talking stick terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81-87.

Lisjayanti, N.P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 4 Baturiti. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Mardiana, S., Arapu, L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Kendari Pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 125-138.

Matondang, Z. (2009) . Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 87-97.

Ngalimun. (2017). Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Pane, A., Dasopang, M.D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Purnomo, E. (2016). Dasar-Dasar dan Perancangan Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Puspitawangi, K.R., Wibawa, I.M.C,. Pudjwan, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-12.

Putra, B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divison (STAD) terhadap kompetensi belajar siswa ranah kognitif. Journal On Education, 1(4), 783-788.

Putri, A.I.K.D., Prihandono. T., Putra, P.D.A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Disertai Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kokami Mata Pelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 321-328.

Putri, S.R., Wahyuni, S., Suharso, P. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 111-116.

Ridia, R. (2016). Pembelajaran Menulis Puisi Lama Dan Puisi Baru Pada Siswa Kelas VII SMP Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Safitri, I., Ibrahim, M.M., Nursalam. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Smp Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotik, 3(1), 131-144.

Sayono, Joko. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(1), 9-17.

Siregar, S. (2015). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas visual siswa pada konsep sistem indra. Jurnal Biotik, 3(2), 100-106.

Sirnayatin, T.A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal SAP, 1(3), 312-321.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulastri., Imran., Firmansyah. A. (Tanpa Tahun). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 limbo makmur kecamatan bumi raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90-103.

Sumantri, M.S. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sunhaji. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I Mata Pelajaran Tematik Di MI Salafiyah Syafi’iyah II Klinterejo Nojokerto. Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 99-105.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suyanto. (2018). Penerapan model pembelajaran Snowball throwing berbantu media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD 8 gondosari. Jurnal Prakarsa Pedagogi, 1(2), 196-204.

Tanjung, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Paramita, 25(2), 261-271.

Utama, I.G.M.P., Dibia, I.K., Renda, T. (2019). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V Semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 123-130.

Wulandari, D.F. (2016). Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar Di SMKN 3 Magelang.

Zahro, M., Sumardi., Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(1), 1-11.


Article Metrics

Abstract view : 1428 times | PDF view : 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View