INNOVATIVE THEMATIC LEARNING THROUGH SONG MEDIA AT SD N 3 SUMPIUH, BANYUMAS REGENCY.
(1) UNNES
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/p.v9i1.47899
Abstract
Permasalahan pendidikan pada era sekarang ini tentunya semakin marak, salah satunya adalah metode pembelajaran yang monoton. Dari metode pembelajaran yang monoton menyebabkan kurangnya minat belajar pada siswa, siswa sulit memahami materi akibatnya siswa menjadi pasif dan pembelajaran tidak efektif. Salah satu guru di SD N 3 Sumpiuh membuat inovasi pembelajaran tematik melalui media lagu ini sebagai solusi dari fenomena tersebut. Tidak hanya itu, inovasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu aspek penanaman karakter pendidikan seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses dan strategi yang digunakan dalam inovasi pembelajaran tematik melalui media lagu. Metode Penelitian yang digunakan menggunakan jenis deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Inovasi pembelajaran tematik melalui media lagu untuk siswa kelas IV SD N 3 Sumpiuh telah dilaksanakan melalui beberapa tahapan 2) Terdapat perbedaan antara pembelajaran menggunakan media lagu dengan pembelajaran tanpa media lagu. 3) Strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam mengoptimalkan pembelajaran melalui media lagu ini dapat dirangkum dalam beberapa poin.
Keywords
Article Metrics
Abstract view : 9 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PAKARENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: [email protected]
Jurnal Pakarena dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .
Index by