PERANCANGAN BUKU AJAR NOTASI TARI LABAN BERBASIS PEMBELAJARAN STEP BY STEP BAGI MAHASISWA TARI DI JURUSAN SENI PERTUNJUKAN FSD UNM

Sumiani Sumiani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v8i1.34813

Abstract


Makalah penelitian dengan judul Perancangan Buku Ajar Notasi Tari Laban Berbasis Pembelajaran Step By Step bagi Mahasiswa Tari ini dilakukan di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM. Dari observasi awal didapat fenomena akan kebutuhan akan perangkat pembelajaran yang berjenis buku ajar pada pelaksanaan mata kuliah Notasi tari di lingkungan Jurusan Seni Pertunjukan. Maka dari itu masalah penelitian difokuskan pada : (1) Bagaimana rancangan buku ajar yang dibutuhkan oleh mahasiswa tari dalam mata kuliah Notasi Tari Laban di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM dan (2) Bagaimana rancangan buku ajar pada mata kuliah Notasi Tari Laban yang valid bagi  mahasiswa tari di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM. Metode penelitian yang sesuai dengan masalah penelitian adalah R&D, menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), yang pada penelitian ini diniatkan hanya sampai pada tahap Design atau Perancangan. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Bahan ajar tentang notasi tari khususnya Notasi Laban (Labanotation) telah terhimpun relatif banyak, namun himpunan materi tersebut masih belum tersusun secara sistematis sesuai garis besar pembelajaran yang didesain secara tahap per tahap. Dengan demikian buku ajar Notasi Laban yang dibutuhkan mahasiswa adalah yang dapat menjadi penuntun atau panduan belajar tahap demi tahap. (2) Kevalidan Buku Ajar Notasi Laban dilakukan dengan metode validasi internal, tersimpul adanya kesesuaian antara isi buku dengan tujuan pembelajaran, adanya kesesuaian antara metode step by step dengan susunan materi yang disajikan, adanya kesesuaian antara susunan isi dengan silabus mata kuliah Notasi Tari, tercermin kemudahan dari uraian penjelasan yang to the point. Pada aspek seni tari khususnya Notasi Tari Laban tersimpul adanya kesesuaian antara isi buku dengan konsep sistem Notasi Laban, adanya kesesuaian antara isi buku dengan prinsip-prinsip pencatatan gerak dengan sistem Notasi Laban


Full Text:

PDF

References


Achmadi, Hainur Rasid. 1996. Telaah Kurikulum Fisika SMU Model Pembelajaran Konsep dengan LKS. Surabaya: University Press.

Arikunto, dan Abdul Jabar, 2010. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasisiwa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta

Bandem, I Made. 1999. Etnologi Tari Bali. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Borg, R dan Meredith, D. 1983. Educatioan Research: An Introduction, New York dan London: Logman .www.ugr.uaeu.ac.ae/

Degeng, INS. 2000. Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran UM

Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Seni

Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas, 2001.

Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Seni Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas, 2001.

Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Gibbons, 2011. Contexs of Intructional Design. The Journal for Applied Intructional Design Volume 1 Issue 1 April 2011. Http:www.jaid.org. Diaksses 22 Desember 2011

Hutchinson, Ann. 1970. Labanotation or Kinetography Laban. New York: A Teater Arts Book

Kusumaningrum, Sih. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X”. Tesis. Pascasarja UNY

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Murgiyanto,Sal. 1984. Koreografi untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Depdikbud

Soedarsono,1980, Pengantar Notasi Tari. Yogyakarta: ASTI Yogyakarta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by