PERANCANGAN BUKU AJAR NOTASI TARI LABAN BERBASIS PEMBELAJARAN STEP BY STEP BAGI MAHASISWA TARI DI JURUSAN SENI PERTUNJUKAN FSD UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/p.v8i1.34813
Abstract
Makalah penelitian dengan judul Perancangan Buku Ajar Notasi Tari Laban Berbasis Pembelajaran Step By Step bagi Mahasiswa Tari ini dilakukan di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM. Dari observasi awal didapat fenomena akan kebutuhan akan perangkat pembelajaran yang berjenis buku ajar pada pelaksanaan mata kuliah Notasi tari di lingkungan Jurusan Seni Pertunjukan. Maka dari itu masalah penelitian difokuskan pada : (1) Bagaimana rancangan buku ajar yang dibutuhkan oleh mahasiswa tari dalam mata kuliah Notasi Tari Laban di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM dan (2) Bagaimana rancangan buku ajar pada mata kuliah Notasi Tari Laban yang valid bagi mahasiswa tari di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM. Metode penelitian yang sesuai dengan masalah penelitian adalah R&D, menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), yang pada penelitian ini diniatkan hanya sampai pada tahap Design atau Perancangan. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Bahan ajar tentang notasi tari khususnya Notasi Laban (Labanotation) telah terhimpun relatif banyak, namun himpunan materi tersebut masih belum tersusun secara sistematis sesuai garis besar pembelajaran yang didesain secara tahap per tahap. Dengan demikian buku ajar Notasi Laban yang dibutuhkan mahasiswa adalah yang dapat menjadi penuntun atau panduan belajar tahap demi tahap. (2) Kevalidan Buku Ajar Notasi Laban dilakukan dengan metode validasi internal, tersimpul adanya kesesuaian antara isi buku dengan tujuan pembelajaran, adanya kesesuaian antara metode step by step dengan susunan materi yang disajikan, adanya kesesuaian antara susunan isi dengan silabus mata kuliah Notasi Tari, tercermin kemudahan dari uraian penjelasan yang to the point. Pada aspek seni tari khususnya Notasi Tari Laban tersimpul adanya kesesuaian antara isi buku dengan konsep sistem Notasi Laban, adanya kesesuaian antara isi buku dengan prinsip-prinsip pencatatan gerak dengan sistem Notasi Laban
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, Hainur Rasid. 1996. Telaah Kurikulum Fisika SMU Model Pembelajaran Konsep dengan LKS. Surabaya: University Press.
Arikunto, dan Abdul Jabar, 2010. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasisiwa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta
Bandem, I Made. 1999. Etnologi Tari Bali. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Borg, R dan Meredith, D. 1983. Educatioan Research: An Introduction, New York dan London: Logman .www.ugr.uaeu.ac.ae/
Degeng, INS. 2000. Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran UM
Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Seni
Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas, 2001.
Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Seni Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas, 2001.
Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Gibbons, 2011. Contexs of Intructional Design. The Journal for Applied Intructional Design Volume 1 Issue 1 April 2011. Http:www.jaid.org. Diaksses 22 Desember 2011
Hutchinson, Ann. 1970. Labanotation or Kinetography Laban. New York: A Teater Arts Book
Kusumaningrum, Sih. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X”. Tesis. Pascasarja UNY
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Murgiyanto,Sal. 1984. Koreografi untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Depdikbud
Soedarsono,1980, Pengantar Notasi Tari. Yogyakarta: ASTI Yogyakarta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 118 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PAKARENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: pakarena@unm.ac.id
Jurnal Pakarena dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .
Index by