PEMBELAJARAN SENI KRIYA DARI BAHAN STIK ES KRIM BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 SINJAI

Ari wibowo(1*),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v5i2.13101

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei, survei dilakukan di SMA Negeri 2 Sinjai, Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim bagi peserta didik kelas XI, (2) Pelaksanaan pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim untuk peserta didik kelas XI, dan (3)Evaluasi pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim bagi peserta didik kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang (1) Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun oleh guru bidang studi, (2) Langkah-langkah pembelajarn yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (3) Evaluasi pembelajaran yang meliputi penialaian sikap dan keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah disusun dengan baik, (2) Pelaksanaan Pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim bagi peserta didik kelas XI IIS III telah dilaksanakan sesuia dengan RPP yang telah disusun, baik pada kegiatan pendahuluan, inti, maupun penutup, dan (3) Evaluasi pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim bagi peserta didik kelas XI IIS III telah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, baik pada penilaian sikap maupun keterampilan.


Keywords


Pembelajaan, Seni Kriya, Bahan stik es krim, SMA Negeri 2 Sinjai

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad, 1987. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa Bandung.

Alimuddin dan Hasnawati, 2011, Strategi Pembelajaran Seni Rupa. Makassar, UNM.

Amirono dan Daryanto, 2016, Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013, Yogykarta, Gava Media

Aunurrahman.(2007).Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Bandem, 2002. Pengertian Seni Kriya. Denpasar: Sejarah Perkembangan Seni kriya.

Bafadal, Ibrahim, 2015, Panduan Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Jakarta, Departemen pendidikan dan Kebudayaan.

Darsono, 2000: 24. Pengertian pembelajaran. Pendidikan Kewarga Negaraan: Makassar UNM

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Fattah https://www.academia.edu/22425809/pemgertian perencanaan pembelajaran dan peranan perencanaan pembelajaran

Fungsi seni kriya. http://www.sumber pengertian.co/pengertian seni kriya menurut para ahli. 0nline 29 juni

Halling, 2007. Ciri-ciri pembelajaran dalam mata pembelajaran belajar dan pembelajaran. Makassar: Makassar UNM.

Husaini, 2008. Metodologi penelitian sosial. PT Bumi Aksara: Jakarta

Joni, 1980. Pengrtian strategi pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar.(2011).Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta:Rajawali Pres

Leedy, 1997. Fungsi peninjauan kembali pustaka. http://bahankuliah.wodpress.com, 28 april 2018.

LPP Sulawesi selatan, 2017 Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama, Makassar, departemen pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, Nana, 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung

Nazir, 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

PP No 22 tahun 2016 tentang sistem pendidikan nasional

Pusat Departemen dan Kebudayaan nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusataka.

Sa’ud dan makmun https://www.academia.edu/22425809/pemgertian perencanaan pembelajaran dan peranan perencanaan pembelajaran

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian pendidikan, ALFABETA Bandung.

Suhernawan, 2010 Pengertian Seni Kriya. Seni Rupa. Kementrian Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by