PEMBELAJARAN SENI KRIYA DARI BAHAN STIK ES KRIM BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 SINJAI
(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/p.v5i2.13101
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei, survei dilakukan di SMA Negeri 2 Sinjai, Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim bagi peserta didik kelas XI, (2) Pelaksanaan pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim untuk peserta didik kelas XI, dan (3)Evaluasi pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim bagi peserta didik kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang (1) Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun oleh guru bidang studi, (2) Langkah-langkah pembelajarn yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (3) Evaluasi pembelajaran yang meliputi penialaian sikap dan keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah disusun dengan baik, (2) Pelaksanaan Pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim bagi peserta didik kelas XI IIS III telah dilaksanakan sesuia dengan RPP yang telah disusun, baik pada kegiatan pendahuluan, inti, maupun penutup, dan (3) Evaluasi pembelajaran seni kriya dari bahan stik es krim bagi peserta didik kelas XI IIS III telah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, baik pada penilaian sikap maupun keterampilan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad, 1987. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa Bandung.
Alimuddin dan Hasnawati, 2011, Strategi Pembelajaran Seni Rupa. Makassar, UNM.
Amirono dan Daryanto, 2016, Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013, Yogykarta, Gava Media
Aunurrahman.(2007).Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.
Bandem, 2002. Pengertian Seni Kriya. Denpasar: Sejarah Perkembangan Seni kriya.
Bafadal, Ibrahim, 2015, Panduan Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Jakarta, Departemen pendidikan dan Kebudayaan.
Darsono, 2000: 24. Pengertian pembelajaran. Pendidikan Kewarga Negaraan: Makassar UNM
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Fattah https://www.academia.edu/22425809/pemgertian perencanaan pembelajaran dan peranan perencanaan pembelajaran
Fungsi seni kriya. http://www.sumber pengertian.co/pengertian seni kriya menurut para ahli. 0nline 29 juni
Halling, 2007. Ciri-ciri pembelajaran dalam mata pembelajaran belajar dan pembelajaran. Makassar: Makassar UNM.
Husaini, 2008. Metodologi penelitian sosial. PT Bumi Aksara: Jakarta
Joni, 1980. Pengrtian strategi pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar.(2011).Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta:Rajawali Pres
Leedy, 1997. Fungsi peninjauan kembali pustaka. http://bahankuliah.wodpress.com, 28 april 2018.
LPP Sulawesi selatan, 2017 Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama, Makassar, departemen pendidikan dan Kebudayaan.
Sudjana, Nana, 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung
Nazir, 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
PP No 22 tahun 2016 tentang sistem pendidikan nasional
Pusat Departemen dan Kebudayaan nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusataka.
Sa’ud dan makmun https://www.academia.edu/22425809/pemgertian perencanaan pembelajaran dan peranan perencanaan pembelajaran
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian pendidikan, ALFABETA Bandung.
Suhernawan, 2010 Pengertian Seni Kriya. Seni Rupa. Kementrian Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 262 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PAKARENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: pakarena@unm.ac.id
Jurnal Pakarena dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .
Index by