Peningkatan Kemampuan Otomotif Light Service Motorcycle Engines Pada Anak Cerebral Palsy Kelas X SLB YPAC Makassar Melalui Model Pembelajaran Langsung
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimanakah peningkatan kemampuan anak cerebral palsy kelas X SLB YPAC Makassar dibidang otomotif Light Service Motorcycle Engines setelah diberikan model pembelajaran langsung?” penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar otomotif light service motorcycle engines menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa cerebral palsy kelas X di SLB YPAC Makassar. Teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan otomotif light service motorcycle engines pada murid cerebral palsy di SLB YPAC Makassar sebelum diberikan treatmen berada dalam kategori kurang mampu. Setelah diberikan treatment berada pada kategori mampu. Artinya terdapat kemampuan otomotif light service motorcycle engines pada murid cerebral palsy di SLB YPAC Makassar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan metode pembelajaran langsung terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan otomotif light service motorcycle engines pada murid cerebral palsy di SLB YPAC Makassar.
Keywords
Otomotif light service motorcycle engines, pembelajaran langsung, cerebral palsy
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 71 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Angga Prawira Soemawinata, Bastiana Bastiana, Tatiana Meidina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipulikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Jl. Tamalate 1 Kampus Tidung FIP UNM.
Phone: 0822-3399-2773 / 0813-5559-1989
Email: jurusan.plb.fip.unm@gmail.com
p-ISSN: 2614-6177
Orto Didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.