Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Metode Multisensori Pada Siswa Autis Kelas I Di SLB YPAC Makassar

yuliyanty achmad(1), Triyanto Pristiwaluyo(2), Abdul Hadis(3*),

(1) University Of Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autisme. Rumusan masalahpenelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui metodemultisensori pada siswa autis kelas I?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Kemampuan mengenallambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I pada kondisi Baseline 1/A1. 2) Kemampuan mengenal lambangbilangan 1-10 siswa autis kelas I selama diberikan intervensi mealui metode Multisensori (intervensi/B). 3)Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I setelah diberikan intervensi (Baseline 2/A2). 4)Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I Makassar berdasarkan hasil analisis antarkondisi Baseline 1/A1, Intervensi (B), dan Baseline 2/A2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengansubjek tunggal (Single subject research/SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwapenggunaan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada siswaautis kelas I di SLB YPAC Makassar.

Keywords


Lambang Bilangan 1-10, Metode Multisensori, Autis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 yuliyanty achmad, Triyanto Pristiwaluyo, Abdul Hadis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipulikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Jl. Tamalate 1 Kampus Tidung FIP UNM.

Phone: 0822-3399-2773 / 0813-5559-1989

Email: [email protected]

   

p-ISSN: 2614-6177

by
Orto Didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.