Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Metode Multisensori Pada Siswa Autis Kelas I Di SLB YPAC Makassar
(1) University Of Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autisme. Rumusan masalahpenelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui metodemultisensori pada siswa autis kelas I?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Kemampuan mengenallambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I pada kondisi Baseline 1/A1. 2) Kemampuan mengenal lambangbilangan 1-10 siswa autis kelas I selama diberikan intervensi mealui metode Multisensori (intervensi/B). 3)Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I setelah diberikan intervensi (Baseline 2/A2). 4)Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I Makassar berdasarkan hasil analisis antarkondisi Baseline 1/A1, Intervensi (B), dan Baseline 2/A2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengansubjek tunggal (Single subject research/SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwapenggunaan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada siswaautis kelas I di SLB YPAC Makassar.
Keywords
Lambang Bilangan 1-10, Metode Multisensori, Autis
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 62 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 yuliyanty achmad, Triyanto Pristiwaluyo, Abdul Hadis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipulikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Jl. Tamalate 1 Kampus Tidung FIP UNM.
Phone: 0822-3399-2773 / 0813-5559-1989
Email: jurusan.plb.fip.unm@gmail.com
p-ISSN: 2614-6177
Orto Didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.