EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR

Noer Chadijah L Sam(1*), Syahrul Syahrul(2), Hendra Jaya(3),

(1) Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana
(2) FT Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v5i2.7448

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan pembelajaran model PBL menggunakan mediavideodengan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui efektivitas penerapan model problem based learning menggunakan media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran jaringan dasar.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 4 Makassar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 peserta didik, dan dibagi menjadi empat kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment, di mana desain penelitian yang digunakan adalah Solomon four group design.  Pada tahap pengujian instrumen dipilih dua validator yang memvalidasi instrumen berupa tes uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji hipotesis ANOVA one way, dan dilanjutkan dengan uji tukeyuntuk melihat perbedaan pada setiap kelas eksprerimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok yang diberikan perlakuan (treatment) berupa model PBL menggunakan media video dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji lanjut (post hoc) menggunakan uji tukeymenunjukkan bahwa antara kelas experiment with pre-test (Group 1)dan kelas control with pre-test (Group2) menunjukkan nilai mean differenceyang signifikan antara kedua kelompok. Pada kedua kelompok ini diberikan pre-testyang sama namun, tidak diberikan perlakuan yang sama yaitu pada kelas experiment with pre-test (Group 1) diberikan penerapan model PBL menggunakan media videodan untuk kelas control with pre-tes (Group 2) tidak diberikan perlakuan. Dan hasil uji tukey menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa efek yang menyebabkan adanya perbedaan yaitu efek dari perlakuan yaitu penerapan model PBL menggunakan media video; (2) penerapan model PBL menggunakan media videoefektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran jaringan dasar di SMKN 4 Makassar.

Keywords


Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Video Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 561 times | PDF view : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.