EVALUASI TINGKAT PENCAPAIAN KURIKULUM DI UPT SD NEGERI 098 MATOTO KEC. MASAMBA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Mustari Lamada(1*), Syamsurijal Syamsurijal(2), Syarifah Azzahrah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v9i2.40407

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masalah bahwa terjadi penurunan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan hasil angket, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ketercapaian kurikulum, hasil belajar siswa serta faktor pendukung dan hambatan belajar selama masa Covid-19. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI sebanyak 44 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, V, VI A, VI B dengan teknik Syimple Random Sampling. Pengumpulan data masing-masing kelas dibagikan dan kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi kurikulum dan hasil belajar di SD Negeri 098 Matoto termasuk dalam kategori “Tercapai”. Dengan ini, Sekolah 098 Matoto telah memenuhi empat kriteria: adanya materi/isi yang relevan dengan tujuan pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang tepat, dan penggunaan media dalam berbagai format seperti teks, video, gambar visual, multimedia, dan multimedia yang dapat terjadi baik secara synchronous maupun asynchronous. Hasil belajar yang dicapai siswa di SD Negeri 098 Kecamatan Matoto Masamba selama masa pandemi mengalami penurunan. Faktor pendukung pencapaian kurikulum dan hasil belajar di SD Negeri 098 Kecamatan Matoto Masamba Kabupaten Luwu Utara ada 3 yaitu disiplin dan tanggung jawab guru sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, dukungan orang tua, handphone dan kuota. Faktor penghambat pembelajaran online adalah kondisi jaringan yang kurang memadai dan kemalasan siswa.

Keywords


Pencapaian kurikulum, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Center for System Sciense and Engineering. (2021). Insystems.jhu.edu.https://systems.jhu.edu/tracking-COVID-19 COVID-19 Dashboard.

Chen, H., Yin, C., Li, R., Rong, W., Xiong, Z., & David, B. (n.d.). Enhanced Learning Resource Recommendation Based on Online Learning StyleModel.http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

COVID-19 Cases. (2020). In abcnews.go.com. ttps://abcnews.go.com/Health/Coronavirus.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dimyati & Mudijono. (2002). Belajar dan pembelajaran (Rineka Cipta dan Depdikbud (ed.)).https://educhannel.id/blog/artikel/komponen-komponen-kurikulum.html

Faturrohman, P & Sobry, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama.

Gilang, R, K. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring di era COVID-19. PenerbitLG. https://www.google.co.id/books/edition/Pelaksanaan_Pembelajaran_Daring_di_Era_C/dxoeEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Gilang,+R,+K,+%22Pelaksanaan+pembelajaran+daring+di+era+COVID19%22.+Banyumas.+PenerbitLG.+2020.&pg=PT1&printsec=frontcover.

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hardianto, D. (2005). 95 Media Pendidikan Sebagai Sarana Pembelajaran Yang Efektif. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1, 95–104.

Hendyat, S & Wasty, S. (1993). Pembinaan dan pengembangan kurikulum sebagai substansi problem administrasi pendidikan. Bumi Aksara.

Huang, Y., Xie, Y., Qiu, Y., Yuan, Q., Liu, Y., & Zhong, H. (2020). Research on Support Services of MOOC-Based Online Teacher Professional Development during the COVID-19 Pandemic. Proceedings - 2020 9th International Conference of Educational Innovation through Technology, EITT 2020, 52–57. https://doi.org/10.1109/EITT50754.

00015

Humairah & Awaru, T, O, A. (2016). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM,3(2),80–84. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376

Ismail, Ilyas, M. (2020). Evaluasi pembelajaran: konsep dasar, prinsip, teknik, dan prosedur. PT. RajaGrafindo Persada.

Kosasi, S., Sukmana, H. T., Yuliani, I. D. A. E., Susilo, B., & Fitriani, D. (2020, October 23). IT Governance: A Determining Factor Ensuring Online Learning Mechanisms. 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management

CITSM 2020. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268881

Lamada, M. S.,& Sanatang. (2018). Pemberdayaan Guru melalui Kegiatan Pelatihan Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Takalar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 398–402.

Lisa, E. (2021). Artikel komponen-komponen kurikulum. In Educhannel. https://educhannel.id/blog/artikel/komponen-komponen-kurikulum.html.

Lubis, R. R., Enita, P., Marpaung, M. A. F., & Harahap, R. (2020). Model Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis Daring Di MTs. Usman Syarif Medan Selama Pandemi Covid-19. El-Buhuth: Borneo, 3(1), 39–53. https://journal.iainsamarinda.ac.id/index.php/el-Buhuth/article/view/2633

Nana, S. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. RemajaRosdakarya.

Nasution, S. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Nazarudin. (2007). Manajemen pembelajaran: implementasi konsep, karakteristik dan metodologi pendidikan agama Islam di sekolah umum. Teras.

Nurmaya, L, A. (2021). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) Sekolah Dasar Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6, 80–85.

Pardamean, B., Suparyanto, T., Cenggoro, T. W., Sudigyo, D., & Anugrahana, A. (2022). AI-Based Learning Style Prediction in Online Learning for Primary Education. IEEE Access. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3160177

Prawiradilaga, D, S, . dkk. (2016). Mozaik Teknplogi Pendidikan E-Learning. Kencana.

Purba, B, P., & dkk. (2021). Kurikulum dan pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rasheed, R. A., Kamsin, A., & Abdullah, N. A. (2021). An approach for scaffolding students peer-learning self-regulation strategy in the online component of blended learning. IEEE Access, 9, 30721–30738. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3059916

Ratnawulan, E. & R. (2014). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia Bandung.

Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat. Jurnal Pendidikan …, 10(1), 34–41. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/37320

Sudijono, A. (2003). Pengantar evaluasi pendidikan. Rajawali Pers.

Sudirman. (1991). Ilmu Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Rineka Cipta.

Sutrisno. (2007). E-Learning di Sekolah dan KTSP.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. ROSDA.

Syamsurijal, dkk. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer di Program Studi PTIK JTIK FT UNM. 4(2), 13–16.

Usman, Uzer, M. (2005). Menjadi guru profesional. Remaja Rosdakarya.

UU Tahun 2003. (2004). In Kemendikbud.go.id.

Wahyuni, N. (2019). Efektivitas Pembelajaran dengan menggunakan metode praktik untuk mata pelajaran produktif jurusan administrasi perkantoran di SMK Nasional Makassar.

Waryanto, N. H. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. In Waryanto Hadi Nur (Vol. 2, Issue 1, pp. 10–23). http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf

Yamin, M, & M. (2009). Manajemen pembelajaran kelas. Gaung Persada Press.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.