PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL MAHASISWA CALON GURU

Syamsidah Syamsidah(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v3i1.2617

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran dasar boga berbasis project based learning (PBL) yang dapat meningkatkan soft skill mahasiswa. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan.Diadopsi dengan model Thiagarajan, Semmel dan Semmel(1974). melalui empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Subyek penelitian ini adalah Dosen pengampu mata kuliah Dasar Boga berjumlah 4 orang dan mahasiswa jurusan Tata Boga sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, non tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian tahap define telah menghasilkan fakta bahwa Pembelajaran pada mata kuliah dasar boga hasilnya belum maksimal sebagaimana diharapkan disebabkan penggunaan perangkat pembelajaran yang kurang tepat, dan model pembelajaran masih konvensional. Hasil penelitian selanjutnya telah dilaksanakan tahapan pengembangan/ desain, dan develop kemudian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, efektif dan praktis dan berdasarkan hasil validasi oleh pakar/ahli dan hasil ujicoba diperoleh hasil dengan tingkat kevalidan 3,5.
Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, project based learning , soft skill.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.