PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI DI SMKN 2 MAROS

Muh Arifuddin(1*), Anas Arfandi(2), Panennungi T(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v8i2.24845

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Google Classroom terhadap minat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Selain itu untuk mengetahui penerapan aplikasi Google Classroom dan menguraikan minat belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Maros tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas XI DPIB dengan jumlah sampel 30 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan aplikasi google clasroom sudah baik, namun minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi masuk dalam kategori rendah. Dari analisis data diperoleh persamaan Y=13.722+0.652X+e, nilai t hitung sebesar 8,818 dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel 2,048 maka Ha diterima dan Ho di tolak artinya ada pengaruh antara penerapan aplikasi google classroom terhadap minat belajar siswa dengan nilai R2 sebesar 73,5%

Keywords


Google Classroom, Minat Belajar Siswa, Estimasi Biaya Konstruksi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Z. A., & Manan, K. A. (2020). Knowledge, Attitude on Health Practices of University Students and Staffs During the COVID-19 Pandemic in Malaysia. The Journal of Society and Media, 4(2), 367–384.

Arfandi, A. (2020). Teachers Ability on Information and Communication Technology in Industry 4.0 Era. 3rd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST 2019), 161–164.

Arum, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Aplikasi Google Clasroom Terhadap Minat Belajar Siswa SMA/SMK. 1(2), 101–106.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Mustaufan, A. (2021). VIDEO NARASI CERITA KARYA SISWA DENGAN PLATFORM. 4(1), 163–172.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika ISSN 26158132 (Cetak) ISSN 26157667 (Online), 2(1), 50–59.

Nurhaedah, N., & Arfandi, A. (2013). HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PERSEPSI LULUSAN SMU TERHADAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD). Jurnal Publikasi Pendidikan (Publikan), 3(1).

Purnamawati, P., Arfandi, A., & Nurfaeda, N. (2019). The level of use of information and communication technology at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 249–257.


Article Metrics

Abstract view : 201 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.