PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Titha Tri Handayani(1*), Akshari Tahir Lopa(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v8i1.22672

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan praktik kerja industri yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar; 2) menguraikan kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar; 3) menjelaskan pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian merupakan ex post facto. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar angkatan 2014, 2015, dan 2016 yang telah mengikuti praktik industri dengan total jumlah 148 mahasiswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan pengambilan secara acak. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan praktik kerja industri yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar berada dalam kategori tinggi. Maka dapat diketahui bahwa hampir seluruh mahasiswa telah melakukan praktik kerja industri dengan optimal; 2) Kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Makassar berada dalam kategori tinggi. Maka dapat diketahui hampir seluruh mahasiswa telah siap bekerja setelah lulus; 3) Terdapat pengaruh antara praktik kerja industri terhadap kesiapan menghadapi dunia kerja mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan  Universitas  Negeri  Makassar.  Sebesar 61,7% kesiapan kerja siswa dipengaruhi oleh Praktik Kerja Industri

Keywords


Praktik Kerja Industri, Magang, Kesiapan Kerja.

Full Text:

PDF

References


Arfandi, A., & Sampebua, O. (2016). Kesiapan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makassar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Arfandi, A., & Sampebua, O. (2018). The Study of Vocational Higher Education Graduates Skills That Requires in Industry. Advanced Science Letters, 24(5), 3632–3635.

Ariyanto, F., & Suparmin, S. (2014). Korelasi antara Prestasi Belajar Kejuruan dan Etos Kerja dengan Kesiapan Kerja di Otomotif Siswa Kelas XI TKR SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen Jawa Tengah. Jurnal Taman Vokasi, 2(2).

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Fauzi, M., Neolaka, A., & Arthur, R. (2017). Pengaruh Efektivitas Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 6(1), 15–20.

Lullulangi, M., & Arfandi, A. (n.d.). PELUANG DAN TANTANGAN ALUMNI PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNM MENYONGSONG ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA).

Pangestuti, A. (2016). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Gambar Bangunan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem Yogyakarta. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 4(3), 20.

Sasmito, A. P., Kustono, D., & Patmanthara, S. (2015). Kesiapan Memasuki Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) Siswa Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK. Teknologi Dan Kejuruan, 38(1).

Yahya, M. (2017). The Role of Self-Regulation in Finishing Final Task of Vocational Higher Education Student. Proceeding, 118–120.


Article Metrics

Abstract view : 341 times | PDF view : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.