EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN METODE PROJECT PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNM

Wilda Ansar(1*), Haerani Nur(2), Eka Sufartianingsih(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


kondisi pembelajaran daring menyebabkan potensi penurunan capaian hasil belajar karena keterbatasan tenaga pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan metode yang tepat untuk kembali meningkatkan capaian hasil belajar yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah menjabarkan secara deskriptif efektivitas pembelajaran daring dengan metode project base learning pada mahasiswa fakutas psikologi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah subjek sebanyak 490 mahasiswa yang mengambil matakuliah dengan tugas akhir project base learning. Berdasarkan hasil survey didapatkan bahwa metode project base learning efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran secara daring pada mahasiswa fakultas psikologi UNM. Hasil penelitian ini diharapakan memberikan kontribusi terhadap peningkatan efektivitas proses pembelajaran di Perguruan tinggi dengan pengunaaan metode pembelajaran mandiri atau project base learning.  

Keywords


Mahasiswa, Pembalajaran Daring, Project Base Learning

Full Text:

PDF

References


Angkotasan,S. & Watianan, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan di Kampus STIA Alazka Ambon. Jurnal Ilmu Sosiologi. Vol 4 (2). 42-50.

Diarini, I,G,A., Ginting, M,F., & Suryanto, I,W. (2020). Penerapan model pembelajaran project base learning berbasis lesson study melalui pembelajaran darimg untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol 3(2), 253-265.

Jones, Fly, B., Rasmussen, Claudette, M., Moffiy, M. (1997). Real life problem solving:a collaborative approach to interdisciplinary learning. Washington. D.C.:American Psychological Assosiation.

Sables, N.,Sirojuddin,S., &Triyoso, A. (2022) Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa materi Plantae di kelas X MA Nurul Yaqin Kabupaten Sorong. Biolearning Journal. Vol 9(1), 1-10.

Susanto, E.,Susanta, A., Rusdi, (2020). Efektivitas project base learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Theorems. Vol 5 (1), 61-66.

Tanuwijaya,N.S., Tambunan, W. (2021) Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi resiko penurunan capaian pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan . Vol 10 (2), 80-90.

Wedi, A. (2016). Konsep dan masalah penerapan metode Pembelajaran: Upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui konsistensi teoritis-praktis penggunaan metode pembelajaran. Jurnal kajian tekhnologi pendidikan. Vo 1(1), 23-27.

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020) Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 4(2), 100-115.


Article Metrics

Abstract view : 124 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats