PENGEMBANGAN APLIKASI PRESENSI MENGAJAR DOSEN PADA PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN BISNIS MUHAMMADIYAH SELAYAR

Abdul Ma’arief Al Imran(1*), Edi Suhardi Rahman(2),

(1) Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i3.54635

Abstract


Presensi kehadiran merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Presensi dosen menjadi tolok ukur sejauh mana kehadiran dosen dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa. Presensi kehadiran dosen merupakan salah satu penunjang yang dapat diartikan sebagai informasi tentang bagaimana kedisiplinan dosen pengampu yang bersangkutan. Selain itu, penting adanya informasi kehadiran bagi pimpinan untuk mengetahui dan memantau kehadiran dosen pengampu di kampus secara real-time. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi/perangkat lunak presensi mengajar dosen pada Program Studi Ilmu Komputer Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar dan untuk mengetahui kualitas perangkat lunak yang dikembangkan ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan Aplikasi Presensi Mengajar Dosen Pada Program Studi Ilmu Komputer Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall yang terdiri atas lima langkah yaitu, analisis dan definisi kebutuhan, desain sistem dan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian sistem, dan operasi dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian validitas yang dilakukan oleh dua validator menunjukkan perangkat lunak yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan hasil pengujian tingkat kepraktisan dan keefektifan berdasarkan aspek kemudahan penggunaan, ketepatan penggunaan, dan kepuasan, menunjukkan hasil perangkat lunak yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat praktis dan efektif.


Keywords


Aplikasi Presensi, Kehadiran, Presensi Dosen.

Full Text:

PDF

References


T. Fahrudin, “Pencatatan dan Pemantauan Kehadiran Perkuliahan di Lingkungan Politeknik Telkom Berbasis RFID dan Aplikasi Web,” Konf.Nas. ICT-M Politek. Telkom, vol. 1, no. 1, hal. 155– 159, 2011.

G. A. D. Sugiharni, “Validitas Isi Instrumen Pengujian Modul Digital Matematika Diskrit Berbasis Open Source di STIKOM Bali,” E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, hal. 678–684, 2017.

A. Pasaribu & S. Saparini, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Untuk Meremidiasi Miskonsepsi Pada Materi Gaya dan Hukum Newton Tentang Gerak,” Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, vol. 4, no. 1, hal. 36–48. 2017.

M. Sholeh, “Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 1, no. 1, hal. 41–54, 2017.

A. Asthana & J. Olivieri, “Quantifying Software Reliability and Readiness,” IEEE International Workshop Technical Committee On Communications Quality and Reliability, hal. 1–6, 2009.

K. Garen, “Software portability: Weighing options, making choices”, The CPA Journal, vol. 77, no. 11, hal. 10, 2007.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: [email protected]

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License