PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Andi Zulfikar Yusuf(1*),

(1) Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i3.53876

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap aktivitas belajar siswa SMK Negeri 5 Sidrap. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran inkuiri sebagai variabel bebas, dan (2) Aktivitas Belajar sebagai variabel terikat. Poulasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMK Negeri 5 Sidrap sebanyak 139 siswa, sedangkan sampel sebanyak 58 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, uji instrumen, dan uji hipotesis.  Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil analisis deskriptif model pembelajaran inkuiri dengan persentase rata-rata sebesar 88,07%, dan hasil analisis deskriptif aktivitas belajar dengan persentase rata-rata sebesar 86,52%. Di hasilkan model persamaan regresi linear sederhana  Y = 23,860 + 0,611X, hal ini berarti bahwa jika variabel model pembelajaran inkuiri nilainya nol, maka variabel aktivitas belajar sebesar 23,860. Dari hasil perhitungan analisis korelasi pearson product moment, maka diperoleh korelasi antara model pembelajaran inkuiri dan aktivitas belajar dengan koefisien r yaitu 0,702 yang memiliki tingkat korelasi kuat. Adapun hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0,493 atau 49,3%. Hal ini berarti Model pembelajaran inkuiri memiliki kontribusi kepada aktivitas belajar sebesar 49,3 persen sedangkan 50,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 5 persen (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terhadap aktivitas belajar, dengan demikian hipotesis diterima.


Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri; Aktivasi Belajar; Sekolah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Penelitian Pendekatan Metode dan Paradigma Baru Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2011). PSIKOLOGI BELAJAR (Ke-3). PT Rineka Cipta.

Mulyono, H. & I. S. W. (2015). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital (1st ed.). Penerbit Gawe Buku.

Oemar, H. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan (Ke-13). KENCANA.

Sardiman, A. . (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (Ke-24). PT RajaGrafindo Persada.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar (Ke-1). PT Raja Grafindo Persada.J


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: [email protected]

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License