ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Nuridayanti Nuridayanti(1*), Dyah Vitalocca(2), Labusab Labusab(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i3.51788

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji penerapan model Pembelajaran Berbasis Problem Posing dalam konteks pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis implementasi model Problem Posing dalam pembelajaran di sekolah. Data dikumpulkan melalui dokumen, dengan pencarian jurnal yang relevan mengenai Problem Posing melalui platform Sinta dan Google Scholar (Google Cendekia) dalam rentang tahun 2018-2022. Kata kunci yang digunakan adalah "model Problem Posing". Berdasarkan pencarian ini, ditemukan 100 jurnal, yang kemudian diseleksi menjadi 22 jurnal sesuai kriteria untuk analisis lebih lanjut. Berdasarkan analisis terhadap 22 jurnal tersebut, diperoleh informasi sebagai berikut: 1) Model Problem Posing umumnya ditemukan dalam bidang ilmu sains dengan persentase penerapan di sekolah sebesar 64%. Sementara itu, dalam bidang ilmu teknik atau kompetensi keahlian, persentase penerapan model ini adalah 18%. Bidang ilmu bahasa memiliki persentase 9%, sementara ilmu sosial dan ilmu agama masing-masing memiliki persentase 5%. Dalam konteks bidang studi yang lebih spesifik, model pembelajaran Problem Posing paling sering diterapkan dalam bidang matematika, dengan persentase sebesar 36% dari total jurnal yang dianalisis. 2) Implementasi model problem posing memberikan dampak positif terhadap peserta didik; 3) Dampak dari penggunaan model pembelajaran Problem Posing positif yaitu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah, meningkatkan minat belajar, mendorong motivasi belajar serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Keywords


Model Pembelajaran, Problem Posing

Full Text:

PDF

References


M. Pendidikan, D. A. N. Teknologi, and R. Indonesia, “Menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik indonesia,” 2022.

S. Meilasari, Damris M, and Upik Yelianti, “Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah,” J. Pendidik. Biol. dan Sains, vol. 3, no. 3, pp. 195–207, 2020.

Nuridayanti, M. Akil, and F. A. Darmawan, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar,” vol. 3, no. 2, 2020.

J. Cai and R. Leikin, “Affect in mathematical problem posing: conceptualization, advances, and future directions for research,” Educ. Stud. Math., 2020, doi: https://doi.org/10.1007/s10649-020-10008-x.

R. Rothstein, Class and Schools: Using Social, Economic, and Educational Reform to Close the Achievement Gap. Washington: Economic Policy Institute, 2004.

MUDHOFAR, “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Membedakan Teks Cerita Prosedur Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Peserta Didik Kelas VIII E Di SMP Negeri 4 Ngawi Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020,” vol. III, pp. 48–54, 2022.

E. A, Silver, and J. Cai, “An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students,” J. Res. Math. Educ., vol. 27, pp. 521–539, 1996.

M. Sayudi, “Penerapan Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sooko,” STILISTIKA, vol. 11, no. 1, pp. 46–57.

E. M. Syahbana, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Problem Posing pada Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 17, no. 1, pp. 63–69, 2019.

H. P. Tanjung and S. D. Harahap, “EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING TERHADAP Oleh :,” vol. 3, no. 3, pp. 35–41, 2020.

Hanafi, “Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMKN 1 Woja,” J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 2, pp. 362–367, 2019.

Luthfi Rahman, P. Jaya, and Almasri, “Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X SMKN 5 Padang,” J. Vokasional Tek. Elektron. Inform., vol. 6, no. 1, 2018.

Y. Martha, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Dan Hasil Belajar Akuntansi Padamateri Neraca Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Siswa Kelas XI Akl 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2020/2021,” Lentera, vol. 21, no. 1, pp. 33–36, 2021.

E. Rianti and F. Amelia, “Efektivitas Problem Solving Dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 47 Batam,” CAHAYA Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 309–315, 2019.

E. R. Kusumawati, “Implementasi pendekatan problem posing untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika dan keterampilan berpikir siswa,” Attarbiyah, vol. 28, pp. 41–61, 2018, doi: 10.18326/attarbiyah.v28.41-61.

H. Sapulete, J. Nirahua, and C. S. A. Barus, “Peningkatan Penguasaan Materi Kalor Dan Perpindahannya Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing,” Phys. J. Phys. Phys. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2022.

R. Maulidya, S. Setiawaty, S. Alvina, R. Imanda, and C. Oktaviani, “Studi Komparasi Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Posing Terhadap Pemahaman Konsep Kimia SMA,” KATALIS J. Penelit. Kim. dan Pendidik. Kim., vol. 5, no. 1, pp. 32–35, 2022.

S. Aisyah, E. Lokaria, and Harmoko, “Analisis Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Program IPS : Dampak Model Pembelajaran Problem Posing memahami masalah yang sedang dikerjakan dan dapat meningkatkan kemampuannya dalam,” Biosf. J. Tadris Biol., vol. 10, no. 2, pp. 95–107, 2019.

N. Akben, “Effects of the Problem-Posing Approach on Students ’ Problem Solving Skills and Metacognitive Awareness in Science Education,” Springer Sci., 2018.

I. M. Suarsana, I. A. D. P. Lestari, and N. M. S. Mertasari, “The Effect of Online Problem Posing on Students ’ Problem-Solving Abilitiy in Mathematics,” Int. J. Instr., vol. 12, no. 1, pp. 809–820, 2019.

Trisnawati, A. N. K. Dewi, and R. Pratiwi, “PROBLEM POSING : Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah,” J. Manaj. Pendidik. Al Multazam, vol. 1, no. 3, pp. 113–120, 2019.

S. Supandi, L. Ariyanto, W. Kusumaningsih, A. Handayanto, and R. R. Sarra, “The improvement of students ’ mathematics critical thinking abilities in topic prism and pyramid by using the Problem Posing approach The improvement of students ’ mathematics critical thinking abilities in topic prism and pyramid by using the Problem Pos,” J. Phys. Conf. Ser., 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1663/1/012019.

A. Bicer, Y. Lee, C. Perihan, M. M. Capraro, and R. M. Capraro, “Considering mathematical creative self-efficacy with problem posing as a measure of mathematical creativity,” Educ. Stud. Math., 2020.


Article Metrics

Abstract view : 192 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License